Tautan-tautan Akses

AS, Afghanistan Capai ‘Babak Akhir’ dalam Perang


Presiden Afghanistan Hamid Karzai (kanan) didampingi Menhan AS Leon Panetta (kiri) saat melakukan tour mengelilingi komplek peringatan serangan 9/11 di Pentagon (10/1).
Presiden Afghanistan Hamid Karzai (kanan) didampingi Menhan AS Leon Panetta (kiri) saat melakukan tour mengelilingi komplek peringatan serangan 9/11 di Pentagon (10/1).

Dalam pertemuan dengan Presiden Hamid Karzai di Washington, Menhan AS Panetta mengatakan perang selama 10 tahun lebih telah membuka jalan bagi Afghanistan untuk berdikari.

Menteri Pertahanan Amerika Leon Panetta telah memuji yang disebutnya “babak terakhir” perjuangan untuk menjamin bahwa Afghanistan dapat memerintah sendiri dan tidak lagi kembali menjadi tempat yang aman bagi teroris.

Dia berkomentar demikian pada awal pertemuannya hari Kamis dengan Presiden Afghanistan Hamid Karzai di Pentagon, selagi pemerintahan Obama menentukan masa depan militer Amerika di Afghanistan.

Panetta mengatakan perang yang sudah berlangsung lebih dari 10 tahun telah membuka jalan bagi Afghanistan untuk berdikari.

Presiden Karzai menyatakan penghargaan atas dukungan bertahun-tahun dari Amerika dan sekutu-sekutu Afghanistan yang lain.

Presiden Afghanistan itu dijadwalkan bertemu hari Kamis dengan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton di Washington, sebelum menghadiri jamuan malam bersama Menteri Clinton.

Hari Jumat Karzai akan mengadakan pembicaraan dengan Presiden Barack Obama. Kedua pemimpin diduga akan membahas isu-isu keamanan, terutama seberapa banyak tentara Amerika yang akan ditempatkan di Afghanistan setelah penarikan mundur sebagian besar tentara Amerika tahun 2014, dan dalam kondisi semacam apa.
XS
SM
MD
LG