Tautan-tautan Akses

2 Pemimpin Al-Qaida Tewas di Irak


Abu Ayyub al-Masri dan petinggi militan Al-Qaida Abu Umar al-Baghdadi tewas dalam sebuah operasi gabungan dekat kota Tikrit, Irak Utara.

Pejabat-pejabat Amerika dan Irak mengatakan dua pemimpin Al-Qaida di Irak yang paling senior tewas dalam sebuah operasi gabungan dekat kota Tikrit, Irak Utara.

Mereka mengatakan pasukan keamanan Irak yang didukung Amerika menewaskan Pemimpin Al-Qaida Irak Abu Ayyub al-Masri dan petinggi militan Al Qaida Abu Umar al-Baghdadi ketika persembunyian mereka digerebek hari Minggu.

Dalam pernyataannya hari Senin, Komandan Pasukan Amerika di Irak Jenderal Raymond Odierno mengatakan tewasnya dua pemimpin Al-Qaida itu ” pukulan paling signifikan bagi Al-Qaida di Irak sejak awal pemberontakan disana.” Tambah Jenderal Odierno, tewasnya dua orang itu adalah “ langkah penting mengenyahkan teroris dari Irak.

Militer Amerika mengatakan seorang pembantu Al-Masri dan seorang putra Al-Baghdadi juga tewas dan 16 tersangka “penjahat dan sahabat kedua tokoh senior itu“ ditangkap.

Dalam jumpa pers hari Senin, Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki memperlihatkan foto-foto dua mayat berlumuran darah kedua tokoh senior Al Qaida itu.


XS
SM
MD
LG