Tautan-tautan Akses

Arkeolog Temukan Harta Karun Perak di Sebuah Pulau Jerman


Wilayah kekuasaan Raja Harrald Bluetooth (warna merah) yang sekarang meliputi negara Denmark, Jerman utara, Swedia selatan dan sebagian Norwegia. (Foto: Wikipedia)

Para arkeolog di Pulau Ruegen di Laut Baltik, Jerman, telah menemukan ratusan koin, cincin, dan gelang perak serta mutiara berusia 1.000 tahun yang berhubungan dengan era Raja Denmark Harald Gormsson.

Kantor berita Jerman dpa hari Senin (16/4) melaporkan koin tunggal pertama kali ditemukan oleh dua arkeolog amatir, salah satunya seorang anak laki-laki berusia 13 tahun, di sebuah ladang dekat desa Schaprode pada bulan Januari.

Kantor arkeologi pemerintah kemudian terlibat dalam pencarian dan seluruh harta karun itu ditemukan oleh para ahli akhir pekan lalu.

Para arkeolog mengatakan bahwa sekitar 100 koin perak mungkin berasal dari masa pemerintahan Harald Gormsson, yang lebih dikenal sebagai “Harry Bluetooth” yang hidup pada abad kesepuluh dan memperkenalkan agama Kristen ke Denmark.

“Harry Bluetooth” adalah raja dari wilayah yang sekarang merupakan negara Denmark, Jerman bagian utara, Swedia bagian selatan dan sebagian Norwegia. [lt]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG