Tautan-tautan Akses

Argentina Sambut Produksi Uji Virus Corona yang Cepat dan Murah


Santiago Webajh, ilmuwan dari Yayasan Pablo Cassara menguji coba "NEOKIT-COVID-19". (Photo: REUTERS/AGUSTIN MARCARIAN)

Pihak berwenang di Argentina menyambut produksi uji virus corona yang murah, yang menurut para ilmuwan memberi hasilnya dalam waktu kurang dari dua jam.

Uji baru itu, 'NEOKIT-COVID-19', yang harganya sekitar 8 dolar, merupakan hasil kolaborasi antara mitra-mitra pemerintah dan kalangan swasta.

Santiago Werbajh, pakar epidemi di Pablo Cassara Foundation, yang berkontribusi pada penciptaan uji tersebut mengatakan, perangkat uji itu unik sehingga dapat digunakan pada pasien rawat jalan untuk pengujian besar-besaran.

Cara kerja uji ini adalah dengan mencampurkan sampel pasien dengan larutan yang warnanya akan berubah menjadi ungu jika orang itu negatif atau tidak terjangkit virus corona dan berwarna biru jika hasil tesnya positif.

NEOKIT-COVID-19, produksi kelompok ilmuwan Argentina. (Photo: REUTERS/AGUSTIN MARCARIAN)
NEOKIT-COVID-19, produksi kelompok ilmuwan Argentina. (Photo: REUTERS/AGUSTIN MARCARIAN)

Kantor berita Reuters menyebutkan pemerintah Argentina berencana membuat 10 ribu tes pertama tersedia untuk penggunaan secara nasional dalam 10 hari mendatang.

Seorang juru bicara pemerintah mengatakan beberapa kedutaan besar asing telah dihubungi untuk melihat perangkat uji cepat virus corona itu.

Sejauh ini Argentina telah mengukuhkan lebih dari 9.200 kasus COVID-19 dan 203 kematian akibat virus corona. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG