Tautan-tautan Akses

Arab Saudi, UEA Janjikan Bantuan 500 Juta Dolar untuk Yaman


Seorang anak laki-laki yang kekurangan gizi tergolek di tempat tidur rumah sakit Aslam Health Centre, di Hajjah, kota pelabuhan Laut Merah Hodeida, Yaman. (Foto: dok).

Arab Saudi dan Uni Emirat Arab telah menjanjikan dana 500 juta dolar untuk membantu jutaan warga Yaman yang terancam kelaparan.

Pengumuman ini dikemukakan hanya beberapa hari setelah David Beasley, Direktur Eksekutif Program Pangan Dunia (WFP), mengunjungi Yaman dan memberitahu Dewan Keamanan PBB bahwa 12 juta dari 28 juta warga Yaman “selangkah lagi dari bencana kelaparan.”

Pemimpin King Salman’s Humanitarian Aid and Relief Center, Abdullah al-Rabeeah, memberitahu wartawan bahwa prakarsa baru tersebut bertujuan untuk memberikan bantuan makanan kepada sekitar 12 juta warga Yaman.

Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, yang sedang berperang melawan pemberontak Houthi Yaman sejak Maret 2015, mengumumkan prakarsa tersebut hari Selasa (20/11) dari ibukota Saudi, Riyadh.

Telah puluhan ribu orang yang tewas dalam perang tersebut, dan dua pertiga penduduk Yaman bergantung pada bantuan.

Sementara itu para pejabat dan saksi mata di Yaman menyatakan pertempuran antara pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi dan pemberontak Syiah Houthi telah berkecamuk lagi kembali di sekitar kota pelabuhan Laut Merah, Hodeida, meskipun PBB menyerukan dilangsungkannya gencatan senjata di sana.

Mereka menyatakan serangan udara koalisi menghantam pemberontak Houthi di Hodeida dan sekitarnya pada Senin malam. Sebelumnya, pemberontak menyatakan mereka menembakkan rudal balistik pada malam sebelumnya ke Arab Saudi, sebagai respons atas upaya serangan di perbatasan dan serangan udara lainnya. [uh]

XS
SM
MD
LG