Tautan-tautan Akses

Apple Ikut Kembangkan Teknologi Mobil Swa-Kemudi


Kantor baru perusahaan Apple di Cupertino, California (foto: ilustrasi). Departemen Kendaraan Bermotor California memberi izin Apple untuk menguji mobil swa-kemudi.

Apple telah mengantongi izin untuk menguji mobil yang menyetir sendiri di jalan-jalan California, menjadikannya perusahaan paling akhir yang bereksperimen dengan teknologi itu.

Departemen Kendaraan Bermotor California hari Jumat (14/4) mengatakan Apple telah diberi izin untuk menguji tiga mobil yang dibuat oleh Lexus.

Pejabat Apple sejak lama merahasiakan mengenai apakah perusahaan itu berencana untuk ikut dalam persaingan ketat untuk merancang teknologi mobil yang bisa menyetir sendiri.

Raksasa teknologi yang berkantor pusat di California itu hari Jumat tidak mengomentari izin itu selain merujuk pada surat perusahaan itu tahun lalu yang menyampaikan minat pada teknologi kendaraan yang menyetir sendiri.

“Apple banyak berinvenstasi pada sistem pembelajaran dan otonomi mesin,” kata perusahaan itu dalam surat dari Steve Kenner, mantan pimpinan Ford Motor yang sekarang menjadi direktur integritas produk Apple.

“Ada banyak aplikasi yang berpotensi untuk teknologi ini termasuk transportasi di masa depan,” imbuhnya.

Apple masuk belakangan ke bidang pengembangan mobil yang menyetir sendiri, dimana 29 perusahaan sudah mengantongi izin untuk menguji teknologi itu di California.

Perusahaan itu termasuk raksasa teknologi Goofle dan pembuat mobil terkenal termasuk Ford, General Motors, BMW, Volkswagen dan Tesla. Izin Apple itu akan memungkinkan enam pengemudi menguji mobil yang menyetir sendiri. UU California mewajibkan seseorang berada di mobil yang menyetir sendiri untuk mengambil alih, jika ada masalah. [my/al]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG