Tautan-tautan Akses

Apple Bidik Produksi Mobil Listrik pada 2024


Logo Apple Inc. terlihat tergantung di pintu masuk toko Apple di 5th Avenue. (Foto: Reuters)

Apple Inc saat ini tengah bergerak maju dengan mengembangkan teknologi mobil swakemudi (self-driving). Perusahaan tersebutkan menargetkan untuk menghasilkan kendaraan penumpang dengan menggunakan teknologi buatan sendiri pada 2024, sumber-sumber Reuters mengatakan hal tersebut.

Upaya pembuat iPhone di bidang otomotif yang dikenal sebagai Project Titan ini, berjalan tidak konsisten meski telah digeluti sejak 2014. Saat itu Apple mendesain kendaraannya sendiri dari awal, tapi kemudian ditinggalkan karena kembali fokus pada perangkat lunak. Doug Field, seorang veteran Apple yang pernah bekerja di Tesla Inc, kembali mengawasi proyek tersebut pada tahun 2018 dan memberhentikan 190 orang dari tim tersebut pada tahun 2019.

Sumber Reuters mengatakan sejak itu Apple berkembang cukup pesat sehingga sekarang bertujuan untuk membangun kendaraan secara komersil. Tujuan Apple membangun kendaraan pribadi untuk pasar massal sangat kontras dengan saingannya, seperti Alphabet Inc.'s Waymo, yang telah membuat robo-taksi untuk mengangkut penumpang untuk layanan tumpangan tanpa pengemudi.

Inti dari strategi Apple adalah mendesain baterai baru yang dapat "secara radikal" mengurangi biaya baterai dan meningkatkan jangkauan kendaraan, menurut orang ketiga yang telah melihat desain baterai Apple.

Apple menolak berkomentar tentang rencana atau produk masa depannya.

Masih belum jelas siapa yang akan merakit mobil bermerek Apple. Masih ada kemungkinan Apple akan memutuskan untuk mengurangi cakupan upayanya menjadi sistem penggerak otonom yang akan diintegrasikan dengan mobil yang dibuat oleh produsen mobil tradisional, daripada produsen iPhone yang menjual mobil bermerek Apple, ujar salah seorang sumber.

Dua orang yang mengetahui rencana Apple mengatakan penundaan terkait pandemi dapat mendorong dimulainya produksi hingga tahun 2025 atau lebih.

Apple telah memutuskan untuk memanfaatkan pihak ketiga untuk merakit elemen sistem, termasuk sensor lidar. Teknologi akan membantu mobil mengemudi sendiri dan akan mendapatkan tampilan jalan tiga dimensi, kata dua orang yang mengetahui rencana perusahaan.

Mobil Apple mungkin alan menampilkan beberapa sensor lidar untuk memindai jarak yang berbeda. Beberapa sensor dapat diturunkan dari unit lidar yang dikembangkan secara internal Apple. Model Apple iPhone 12 Pro dan iPad Pro yang dirilis tahun ini memiliki fitur sensor lidar.

Reuters sebelumnya melaporkan bahwa Apple telah mengadakan pembicaraan dengan pemasok lidar potensial, tetapi korporasi juga sedang membangun sistem sensornya sendiri. [ah/au]

XS
SM
MD
LG