Tautan-tautan Akses

Aplikasi dan Situs Muslim yang Paling Digemari di AS


Beberapa apps muslim yang digemari di AS. (Foto: screengrab)

Berkunjung atau menetap di negeri yang penduduknya mayoritas bukan Muslim, seperti Amerika Serikat, bukanlah halangan untuk menjalankan ibadah. Kemajuan teknologi memungkinkan Anda memanfaatkan aplikasi atau situs Muslim yang memudahkan Anda mencari apa yang dibutuhkan. Berikut ini lima aplikasi dan situs yang paling sering dimanfaatkan Muslim di Amerika, dan dianggap paling inovatif.

"Muslim Pro" adalah aplikasi yang paling populer di Amerika. Google Play store, toko online yang menjual berbagai aplikasi piranti lunak, mengatakan aplikasi itu diunduh oleh lebih dari 50 juta kali, dan hasil penilaian para penggunanya memberinya skor 4,7 dalam skala lima.

Seorang anak laki-laki membaca Alquran menjelang berakhirnya bulan suci Ramadan, di sebuah masjid di Jakarta, 3 Juni 2019. (Foto: Reuters)
Seorang anak laki-laki membaca Alquran menjelang berakhirnya bulan suci Ramadan, di sebuah masjid di Jakarta, 3 Juni 2019. (Foto: Reuters)

Mahmud Hosaini, warga Malaysia yang sudah lama menetap di Rockville, Maryland, mengatakan, Muslim Pro membantunya menjalankan ibadah, terutama selama bulan Ramadan.

“Sangat membantu, khususnya selama bulan Ramadan. Aplikasi ini tidak hanya memberi kita kepastian mengenai jam-jam sembahyang lima waktu, tapi juga Imsak. Yang juga sangat penting adalah waktu Magrib, saat umat Muslim berbuka puasa.”

Muslim Pro tidak hanya menjadi penunjuk waktu. Aplikasi ini membantu Muslim menemukan arah kiblat.

“Yang ini sering digunakan oleh mereka yang sering melakukan perjalanan. Kita tahu ketika kita berkunjung ke sebuah negara, atau sedang liburan ke suatu tempat, kita tidak tahu arah kiblat. Aplikasi ini dengan mudah menemukannya dan kita bisa secara yakin menjalankan ibadah shalat dengan semestinya,” imbuhnya.

Situs dan Apilkasi Muslim yang Paling Digemari di AS
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:06:22 0:00

Muslim Pro juga membantu Muslim menemukan restoran atau toko kelontong yang menawarkan makanan halal. Bagi mereka yang ingin benar-benar mendalami Islam, aplikasi ini juga mengajak Muslim mengenal berbagai doa dan 99 nama Allah, menelusuri kehidupan sesama Muslim di berbagai penjuru dunia (termasuk di Mekkah), dan mencari inspirasi harian.

Yang tak kalah menarik dari aplikasi ini adalah fitur Quran. Banyak Muslim menilai, Muslim Pro jauh lebih baik dibanding aplikasi-aplikasi seperrti Quran Majeed, Quran Explorer dan iQuran. Fitur ini dirancang sangat efektif, dan menawarkan terjemahan, dan audio dalam berbagai bahasa, dan kode warna untuk memudahkan pemahaman.

“Apa yang membuat versi Quran Muslim Pro special adalah ini merupakan versi digital lengkap Quran. Kalau kita ingin mencari surat tertentu, kita dengan mudah menemukannya,” jelas Hosaini.

Yang berikutnya adalah "Productive Muslim". Ini bukan aplikasi tapi situs. Di sana Anda bisa menemukan ribuan pedoman dalam menjalani kehidupan sebagai Muslim. Anda akan menemukan artikel dan video yang bermanfaat, seperti persiapan Ramadan, atau pilihan makanan sahur yang memberi Anda banyak energi. Anda juga bisa terus mengikuti situs ini melalui media sosial seperti Instagram dan Facebook.

Aplikasi Muslim dapat dicari di "Google Play Store"
Aplikasi Muslim dapat dicari di "Google Play Store"

Seperti halnya "Productive Muslim", situs "Hadith of The Day" juga banyak dikunjungi Muslim. Terlepas dari namanya, situs itu menyedikan lebih dari hadis harian. Situs ini menyajikan berbagai konten Islamis dan inspiratif termasuk wisata halal. Anda juga bisa menemukan informasi mengenai zakat, hubungan yang bermasalah dan, tentu saja, Ramadan. Yang tak kalah menyenangkan, mereka juga memiliki aplikasi di mana Anda dapat mengakses semua isinya.

Dua aplikasi lain yang juga dibanjiri peminat adalah "Ramadan Legacy" dan "MyDuaa". Aplikasi yang pertama, sesuai namanya, tidak hanya bermanfaat selama bulan puasa, tapi juga pada masa-masa di mana Anda merasa perlu lebih mendekatkan diri pada Allah. "Ramadan Legacy" memberi petunjuk di mana Anda dapat mengenal komunitas-komunitas Muslim, pusat-pusat pembelajaran Muslim, dan tempat-tempat di mana Anda bisa menyalurkan sebagian harta Anda bagi mereka yang membutuhkan.

Perempuan Muslim Uighur melakukan sholat Ied di Falls Church, Virginia, 21 Agustus 2018. (B. Gallo/VOA)
Perempuan Muslim Uighur melakukan sholat Ied di Falls Church, Virginia, 21 Agustus 2018. (B. Gallo/VOA)

"MyDuaa" pada prinsipnya seperti perpustakaan doa. Anda tidak hanya bisa menemukan surat-surat dalam Quran beserta terjemahannya, namun juga bisa mendapatkan bimbingan mengenai bagaimana melafalkan surat-surat itu.

Rahul Kumar, Muslim asal India, mengaku senang menggunakan aplikasi "MyDuaa".

“Ini contohnya ayat-ayat yang saya unduh. Versi Quran yang sangat standar. Di sini, Anda tidak hanya bisa membacanya, tapi juga mendaianya, dan mencari tahu bagaimana melafalkannya. Anda banyak pilihan ustad yang melafalkannya. Anda tinggal pilih mana yang sesuai,” jelasnya.

Sesungguhnya ada ratusan aplikasi dan situs lain yang bisa Anda manfatkan sesuai kebutuhan. Beberapa aplikasi bahkan bisa diunduh secara gratis lewat ponsel pintar Anda. [ab]

XS
SM
MD
LG