Tautan-tautan Akses

Apakah Security Clearance Itu?


Mantan Direktur CIA John O. Brennan berbicara di Dewan Hubungan Luar Negeri di Washington, 11 Maret 2014.
Mantan Direktur CIA John O. Brennan berbicara di Dewan Hubungan Luar Negeri di Washington, 11 Maret 2014.

Presiden Amerika Donald Trump, Rabu (15/8), mencabut security clearance yang dimiliki oleh mantan direktur Dinas Intelijen Pusat, CIA, John Brennan. Trump dilaporkan sedang mempertimbangkan tindakan yang sama terhadap sejumlah mantan pejabat tinggi yang dianggap sering mengecam berbagai kebijakannya.

Security clearance adalah surat keterangan keamanan tingkat tinggi yang memungkinkan seseorang mengakses informasi keamanan nasional atau masuk ke tempat-tempat tertentu. Surat itu diperoleh setelah melalui pemeriksaan latar belakang yang lengkap. Surat keterangan itu sendiri tidak menjamin pemegangnya bisa mengakses informasi secara tidak terbatas.

Badan atau lembaga yang memerlukan surat keterangan itu bagi pegawainya harus menjelaskan secara spesifik informasi apa saja yang perlu diketahui orang itu.

Ada tiga tingkat security clearance:Confidential, kemudian Secret dan paling tinggi Top Secret. Surat-surat keterangan ini biasanya tidak ada batas waktu berlakunya, tapi pemegang Top Secret Clearance harus menjalani pemeriksaan tiap lima tahun. Secret Clearance tiap 10 tahun, dan Confidential Clearance harus diperbaharui tiap 15 tahun.

Menurut kantor akuntabilitas pemerintah atau GAO, pada 2015 ada 4,2 juta orang yang punya security clearance, termasuk personel militer, pegawai negeri dan kontraktor yang bekerja untuk pemerintah.

Para pejabat intelijen dan perwira militer yang sudah pensiun memerlukan security clearance mereka, karena mereka bisa dimintai pendapatnya tentang berbagai masalah yang peka.

Apakah presiden bisa mencabut security clearance itu?

Tampaknya bisa, walaupun belum pernah ada presiden yang mencabut security clearance seseorang sebelum ini.

Semua badan federal Amerika harus bisa memenuhi 13 persyaratan untuk mencabut atau menolak pemberian security clearance bagi seseorang. Diantara ke-13 syarat itu adalah terlibat kejahatan, menunjukkan ketidaksetiaan kepada pemerintah, dan berbagai tingkah laku atau situasi yang bisa menjadikan pemegangnya rentan terhadap usaha pihak lawan untuk memanfaatkannya. [ii]

‚Äč
XS
SM
MD
LG