Tautan-tautan Akses

AS

Apa Makna Dakwaan Pembunuhan Tingkat 3, dan Pembunuhan Tak Berencana?


Seorang pemrotes memegang kertas di luar rumah Florida mantan Perwira Polisi Minneapolis Derek Chauvin, yang telah didakwa atas kematian George Floyd, di Windermere, Orlando, Florida, 29 Mei 2020. (Foto: Reuters)

Mantan polisi Minneapolis, Derek Chauvin, didakwa terkait kematian George Floyd, empat hari setelah insiden 25 Mei itu terjadi dan setelah aksi protes diwarnai kekerasan selama beberapa malam di kota itu.

Pada Jumat (29/5), Jaksa Hennepin County Mike Freeman menjerat Chauvin, 44 tahun, dengan pasal pembunuhan tingkat ketiga dan pembunuhan tak berencana tingkat dua yang menyebabkan hilangnya nyawa seseorang. Chauvin dituduh menindih leher Floyd dengan lututnya selama hampir sembilan menit.

Berikut definisi dakwaan-dakwaan itu:

Pembunuhan tingkat tiga (tak disengaja): Menurut peraturan Minnesota, siapapun yang menyebabkan kematian seseorang "dengan melakukan aksi berbahaya kepada orang lain dan menunjukkan niat jahat, tanpa memperhatikan kehidupan manusia, bersalah atas pembunuhan tingkat ketiga.

Seseorang yang dinyatakan bersalah, menghadapi hukuman penjara tidak lebih dari 25 tahun atau denda tidak lebih dari $40 ribu.

Pembunuhan tak berencana tingkat dua: Menurut peraturan Minnesota, ketika seseorang "menimbulkan risiko tak beralasan, dan secara sadar mengambil risiko menyebabkan kematian atau melukai orang lain dengan serius," bersalah melakukan pembunuhan tak berencana tingkat kedua.

Petugas polisi berdiri di luar rumah mantan polisi Minneapolis Derek Chauvin, yang menekan lutut di leher pria Afrika-Amerika George Floyd sebelum kematiannya.(Foto: Reuters/Scott Audette)
Petugas polisi berdiri di luar rumah mantan polisi Minneapolis Derek Chauvin, yang menekan lutut di leher pria Afrika-Amerika George Floyd sebelum kematiannya.(Foto: Reuters/Scott Audette)

Seseorang yang dinyatakan bersalah mungkin dipenjara tidak lebih dari 10 tahun atau diwajibkan membayar denda tidak lebih dari $20 ribu atau keduanya.

Jaksa Hennepin Freeman Jumat (29/5) bahwa kemungkinan dakwaan juga akan dijatuhkan terhadap ketiga polisi lain yang dituduh terlibat dalam kematian Floyd, tapi dia menolak membahas apa dakwaan-dakwaan itu.

Ketiga polisi lain, yang ada di TKP kematian Floyd, adalah: Tou Thao, 34, J. Alexander Kueng, 26, dan Thomas K. Lane, 37. Ketiganya dan juga Chauvin telah dipecat dari departemen kepolisian pada Selasa (26/5). [vm/ft]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG