Tautan-tautan Akses

Antisipasi Iran, AS Kerahkan Kapal Induk ke Laut Arabia


Foto yang rilis oleh Angkatan Laut AS menunjukkan pesawat tempur F/A-18E Super Hornet lepas landas dari anjungan kapal induk kelas Nimitz, USS Abraham Lincoln, 3 Mei.

Amerika mempercepat pengerahan gugus tugas kapal induk AL ke Laut Arabia setelah muncul keprihatinan bahwa Iran mungkin akan merencanakan menyerang Amerika atau sasaran-sasaran sekutu lainnya.

Kapal induk USS Abraham Lincoln sedang beroperasi di Area Komando Eropa, tetapi “akan mempercepat kedatangan di wilayah Komando Sentral guna melindungi pasukan dan kepentingan Amerika di kawasan,” demikian kata pejabat pertahanan kepada VOA.

“Kami terus menerus menyaksikan kegiatan yang menyebabkan kami yakin ada eskalasi berlangsung, jadi kami mengambil semua langkah yang perlu, baik dari perspektif keamanan maupun kemampuan guna memastikan presiden punya berbagai opsi seandainya terjadi sesuatu,” demikian kata Menteri Luar Negeri Mike Pompeo di Finlandia pada Senin (6/5).

Seorang jurnalis Israel Barak Ravid, melaporkan badan intelijen Mossad telah memberitahu Amerika bahwa unsur-unsur Iran kemungkinan bersiap-siap menyerang Amerika atau sasaran sekutu lainnya di kawasan Teluk. [jm]

XS
SM
MD
LG