Tautan-tautan Akses

Ansar al-Furqan Mengaku Ledakkan Pipa Saluran Minyak di Iran


Seorang pekerja di fasilitas pengolahan minyak di Lapangan Azadegan, di barat daya Tehran, Iran, 15 April 2008. (Foto:Dok)

Kelompok Ansar al-Furqan, yang berbasis di Iran, mengaku meledakkan pipa saluran minyak di Provinsi Khuzestan, Iran selatan, tempat serangan lain oleh separatis Arab. Pihak berwenang Iran belum mengakui terjadinya serangan demikian.

Video online yang diunggah oleh Ansar al-Furqan mengaku melakukan serangan tersebut dan menunjukkan apa yang disebutnya sebagai pipa saluran minyak dekat Omidiyeh.

Kelompok intelijen SITE yang berbasis di Amerika mengutip video, Sabtu (30/12) mengatakan, “Operasi ini dilakukan untuk menimbulkan pukulan berat terhadap ekonomi rejim penjahat Iran.”

Bila serangan itu dipastikan memang serangan oleh Ansar al-Furqan, SITE mengatakan itu akan merupakan serangan pertama mereka di Iran selatan yang kaya minyak.

Iran telah menghadapi serangan separatis tingkat rendah dari Kurdi di bagian barat-laut wilayahnya, dari Baluch di timur dan Arab di selatan, sejak Revolusi Islam 1979. [gp]

XS
SM
MD
LG