Tautan-tautan Akses

Anne Jakrajutatip, Pemilik Baru Kontes Ratu Sejagat "Miss Universe" asal Thailand


Anne Jakkaphong Jakrajutatip (kiri) bersama Miss Thailand Anna Sueangam-iam pada acara Miss Universe Beauty Pageant di New Orleans, AS 14 Januari 2023.
Anne Jakkaphong Jakrajutatip (kiri) bersama Miss Thailand Anna Sueangam-iam pada acara Miss Universe Beauty Pageant di New Orleans, AS 14 Januari 2023.

Jakkaphong atau yang akrab dipanggil "Anne" Jakrajutatip, adalah pemilik terbaru kontes Ratu Sejagat atau Miss Universe, bisnis yang dipenuhi ratu kecantikan.

Jakkaphong, konglomerat media Thailand dan pegiat hak transgender itu, membeli perusahaan induk Miss Universe Organization (MUO) tahun lalu.

Dia adalah orang non-Amerika pertama dan perempuan transgender pertama yang memiliki usaha kontes yang sudah berjalan 70 tahun. Kontes Ratu Sejagat itu menarik para peserta kontes dari 83 negara datang ke New Orleans bulan lalu.

Kontestan Miss Universe Semakin Beragam, Tapi Analis Menilai Standar Kecantikan Masih Bias Barat
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:03:25 0:00

Lomba kecantikan itu yang diluncurkan tahun 1952 itu, pernah dimiliki bersama oleh mantan Presiden AS Donald Trump, yang membelinya tahun 1996 dari ITT Corp., kemudian menjualnya tahun 2015 ke WME/IMG, sebuah agensi talenta dan perusahaan hiburan.

Jakkaphong membuat kesepakatan bernilai $12,2 juta dengan penyelenggara di El Salvador, yang akan menjadi tuan rumah lomba Miss Universe tahun ini untuk pertama kalinya sejak 1975. [ps/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG