Tautan-tautan Akses

AS

Anita Hill Ditunjuk Jadi Ketua Komisi Anti Pelecehan Seksual Hollywood


Anita Hill berbicara pada sebuah diskusi tentang pelecehan seksual di United Talent Agency di Beverly Hills, California, 8 Desember 2017. (Foto: dok).

Anita Hill, tokoh terkenal dalam proses pengukuhan hakim agung, akan memimpin Komisi Anti Pelecehan Seksual yang dibentuk industri hiburan menyusul gelombang tuduhan yang melanda pusat industri film AS, Hollywood.

Sejumlah eksekutif bisnis hiburan, Jumat (16/12), sepakat untuk mendanai komisi tersebut yang tugasnya kelak menangani pelecehan seksual dan mengusahakan kesetaraan di tempat kerja.

Pertemuan di Los Angeles yang menghasilkan komisi tersebut dipimpin Direktur Lucasfilm Kathleen Kennedy, Pendiri dan Direktur Yayasan Nike Maria Eite, pengacara artis Nina Shaw dan pengusaha sekaligus filantropi Freada Kapor Klein. Pertemuan itu dihadiri hampir para pemimpin hampir semua studio besar di Hollywood.

Melalui sebuah pernyataan, Kennedy mengatakan, komisi itu tidak hanya berusaha mencari solusi tapi juga mengupayakan strategi komprehensif untuk mengatasi penyebab-penyebab masalah kekuasaan dan kesetaraan yang saling terkait dan rumit.

Anita Hill adalah tokoh terkenal terkait pelecehan seksual. Ia adalah salah satu orang pertama yang memperkenalkan konsep pelecehan seksual ke publik ketika ia memberi kesaksian di Senat AS pada 1991 yang menentang pengukuhan Clarence Thomas sebagai hakim agung.

“Saatnya untuk mengakhiri budaya diam,” kata Hill dalam pernyataannya. “”Saya telah 26 tahun bergulat dalam masalah ini. Momen ini memberi peluang yang belum pernah ada sebelumnya untuk melakukan perubahan nyata.” [ab]

XS
SM
MD
LG