Tautan-tautan Akses

AS

Anggota Kongres AS Elijah Cummings Meninggal Dunia


Elijah Cummings berbicara selama makan siang di National Press Club di Washington, 7 Agustus 2019. (Foto: AP/Patrick Semansky)

Anggota Kongres Amerika, Elijah Cummings, meninggal dunia pada usia 68 tahun. Ia adalah seorang tokoh kunci dalam penyelidikan pemakzulan yang sedang berlangsung di Dewan Perwakilan Rakyat.

Kantor Cummings mengatakan dalam sebuah pernyataan, Kamis (17/10), ia meninggal “karena komplikasi terkait masalah kesehatan yang telah lama dideritanya.”

Cummings mengatakan kepada harian Baltimore Sun pada akhir September, aia telah pulih setelah menjalani prosedur medis. Ia berencana kembali ke Washington ketika Kongres memulai masa sidangnya minggu ini.

Warga asli Baltimore, Maryland, itu menjabat sebagai Ketua Komite Pengawasan dan Reformasi Pemerintah, salah satu panel utama yang melakukan penyelidikan pemakzulan terhadap Presiden Donald Trump.

Trump menyebut Cummings sebagai “pembuli brutal” dan mengatakan distrik Baltimore asal anggota kongres itu “lebih berbahaya.” Cummings membela dirinya dan distrik yang diwakilinya.

Sebelum menjadi anggota Kongres Amerika pada tahun 1996, lulusan Howard University dan Fakultas Hukum University of Maryland itu bertugas sebagai anggota DPRD negara bagian Maryland.

Biografinya di kongres menyebutkan iia “mengabdikan hidupnya dalam pelayanan untuk mengangkat dan memberdayakan orang-orang yang harus diwakilinya.” [lt/uh]

XS
SM
MD
LG