Tautan-tautan Akses

AS

Anggota Kongres Amerika Katakan Pangeran Saudi Berperan dalam Pembunuhan Jurnalis


ARSIP - Sen. Bob Corker, R-Tenn., kanan, bersama Sen. Lindsey Graham, R-S.C., berbicara di konferensi pers tentang berbagai upaya untuk mengakhiri perbudakan modern, Kamis, 14 September 2017, di Capitol Hill in Washington, D.C. (foto: AP Photo/Jacquelyn Martin).

Senator-senator terkemuka Amerika Selasa mengatakan, ada bukti-bukti kuat bahwa Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman berperan dalam pembunuhan jurnalis Saudi di konsulat Saudi di Istanbul. Mereka menolak klaim Presiden Trump bahwa kasus terhadap Pangeran tidak meyakinkan.

“Kalau putra mahkota dihadapkan pada sebuah juri, maka dia akan dinyatakan bersalah atas pembunuhan itu dalam waktu 30 menit,” demikian kata Senator Bob Corker, ketua Komite Hubungan Luar Negeri Senat kepada reporter setelah mendengarkan penjelasan dari Direktur CIA, Gina Haspel.

Kata Bob Corker, seharusnya mudah sekali untuk presiden membeberkan bahwa putra mahkota membunuh seorang jurnalis, tetapi sebaliknya, kata Corker, Trump justru mengatakan, hal itu wajar dilakukan.

Seorang senator lain, Lindsey Graham dari South Carolina, juga berpendapat sama.

Jurnalis itu, Jamal Khashoggi, tinggal di Amerika dan menulis kolom opini di Washington Post yang kritis terhadap putra mahkota dan keterlibatan Riyadh dalam perang di Yaman. [jm]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG