Tautan-tautan Akses

AS

Anggota Fraksi Demokrat di DPR Gugat Deklarasi Darurat Perbatasan Trump


Kubah gedung Capitol di Washington, D.C., 4 Mei 2017 (Foto: dok).

Para anggota Fraksi Demokrat di DPR Amerika akan memperkenalkan resolusi yang menolak pernyataan Presiden Donald Trump tentang keadaan darurat nasional di perbatasan selatan Amerika.

Resolusi yang disponsori oleh anggota DPR Joaquin Castro dari Texas itu dijadwalkan akan diajukan pada hari Jumat (22/2), dan diharapkan akan diperdebatkan dalam sidang paripurna Dewan pada pertengahan Maret.

Ketua DPR Nancy Pelosi mengeluarkan sepucuk surat pada hari Rabu (20/2) yang mendorong anggota parlemen dari Partai Demokrat dan Republik untuk ikut menjadi sponsor bersama dan mengatakan resolusi itu akan “bergerak cepat.”

Trump mengumumkan keadaan darurat di perbatasan Amerika-Meksiko pekan lalu setelah Kongres meloloskan paket keamanan perbatasan senilai hampir $1,4 miliar tetapi tidak memenuhi permintaannya sebesar $5,7 miliar untuk membangun tembok perbatasan.

Trump mengatakan tembok diperlukan untuk menghentikan imigran dan narkoba masuk secara ilegal ke Amerika. Para penentangnya mengatakan tembok merupakan solusi yang mahal dan tidak efektif, dan uang keamanan perbatasan akan lebih baik dibelanjakan untuk lebih banyak petugas bea cukai dan meningkatkan teknologi pemeriksaan di pintu-pintu gerbang masuk ke wilayah Amerika. [lt]

XS
SM
MD
LG