Tautan-tautan Akses

Anggota DPR AS Cheney Berharap Mantan Wapres AS Bersaksi tentang Peristiwa 6 Januari


Anggota DPR AS Liz Cheney berbicara selama pesta malam pemilihan utamanya di Jackson, Wyoming, AS, 16 Agustus 2022. (Foto: REUTERS/David Stubbs)
Anggota DPR AS Liz Cheney berbicara selama pesta malam pemilihan utamanya di Jackson, Wyoming, AS, 16 Agustus 2022. (Foto: REUTERS/David Stubbs)

Anggota DPR Amerika, Liz Cheney, merekam wawancara yang akan disiarkan dalam acara TV ABC News "This Week with George Stephanopoulos." Ia mengatakan, panel DPR yang menyelidiki peristiwa 6 Januari telah berdiskusi dengan Mike Pence tentang bersaksi di depan panel. Ia berharap mantan wakil presiden itu setuju sebelum panitia menuntaskan tugasnya.

"Dia berperan penting pada 6 Januari," kata Cheney. "Jika dia menyerah pada tekanan Donald Trump terhadapnya, kita akan mengalami krisis konstitusional yang jauh lebih buruk," katanya. "Saya berharap ia akan memahami betapa pentingnya bagi rakyat Amerika untuk mengetahui setiap aspek kebenaran tentang apa yang terjadi hari itu."

Cheney kalah dalam pemilihan pendahuluan Partai Republik minggu ini di Wyoming dari penantang yang didukung Trump, Harriet Hageman, dengan selisih besar. Sejak itu, ia semakin terbuka untuk mempertimbangkan kampanye presiden 2024.

Dia menyebut Trump "ancaman dan risiko yang sangat besar bagi republik kita." Menurutnya, mengalahkan Trump membutuhkan "front yang luas dan bersatu dari Partai Republik, Demokrat, dan independent. Saya berniat menjadi bagian itu." [ka/ah]

Forum

XS
SM
MD
LG