Tautan-tautan Akses

AS

Anak-Anak Jadi Korban Kekerasan Bersenjata Saat Libur Hari Kemerdekaan AS


Jack Nolingberg, 6 tahun, memungut permen-permen yang dilemparkan dari parade Hari Kemerdekaan AS di Texas, 4 Juli 2020. (Foto: Reuters)

Tembakan menewaskan dan mencederai puluhan warga Amerika pada libur akhir pekan untuk merayakan Hari Kemerdekaan yang jatuh pada 4 Juli. Mereka menjadi korban saat merayakan liburan atau sekedar menikmati hari libur.

Di Chicago, 17 orang tewas tertembak dan 70 lainnya luka-luka dalam sejumlah kejahatan yang terpisah. Polisi menuding pertikaian dan perang antara geng sebagai penyebab sejumlah insiden itu.

Korban tewas termasuk seorang anak laki-laki berusia 14 tahun dan seorang anak perempuan usia 7 tahun yang ditembak kepalanya di luar rumah neneknya selama pesta hari kemerdekaan Fourth of July. Polisi mengatakan 11 anak lainnya termasuk diantara yang mengalami luka-luka.

Chicago bukan satu-satunya kota AS di mana anak-anak kehilangan nyawanya selama akhir pekan. Korban lainnya termasuk seorang anak laki-laki berusia 6 tahun di San Francisco; anak laki-laki usia 6 tahun lainnya di Philadelphia; seorang anak perempuan berusia 11 tahun di Columbia, Missouri; seorang anak perempuan berusia 8 tahun di Atlanta, dan seorang anak laki-laki berusia 8 tahun di Hoover, Alabama.

Penembakan di Atlanta terjadi di dekat restoran Wendy di mana Rayshard Brooks, seorang laki-laki Amerika keturunan Afrika tewas dalam tahanan polisi pada 12 Juni. Restoran makanan cepat saji itu kemudian dibakar, dan daerah itu sudah sering menjadi tempat demonstrasi terhadap kebrutalan polisi.

Polisi mengatakan ibu anak perempuan itu berupaya melewati barikade yang dipasang secara ilegal ketika tembakan dilepaskan ke arah kendaraan mereka pada Sabtu (4/7) malam.

"Anda menembak dan membunuh seorang anak," kata Wali Kota Atlanta Keisha Lance Bottoms, sebagaimana dilaporkan The Atlanta Journal Constitution. "Dan tidak hanya ada satu penembak, setidaknya ada dua penembak."

Polisi di ibu kota negara juga sedang menyelidiki mencari penembakan mati seorang pemain sepakbola muda yang sudah meraih penghargaan berusia 11 tahun. Davon McNeal mampir di sebuah acara masak di ruang terbuka untuk mengambil charger ponsel dan earbud ketika sebuah baku tembak terjadi di jalan sementara kembang api Fourth July memancar di National Mall. [my/ft]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG