Tautan-tautan Akses

AS

Amerika Serikat Hentikan Operasi Seluruh Boeing 737 MAX 


Pesawat Boeing 737 MAX di pabrik pesawat Boeing di Renton, Washington, 8 Desember 2015. (Foto: dok).

Mengikuti kebijakan lebih dari 30 negara lain di dunia, Badan Penerbangan Federal AS (FAA), Rabu memerintahkan seluruh maskapai penerbangan untuk menghentikan operasi semua pesawat Boeing jenis 737 MAX karena alasan keselamatan.

Kebijakan untuk menghentikan semua penerbangan pesawat baru itu dari wilayah udara Amerika merupakan perubahan kebijakan yang cepat dan tiba-tiba yang diambil oleh Boeing, maskapai penerbangan yang menerbangkan jenis pesawat itu dan pemerintahan Presiden Donald Trump.

Sebelumnya, mereka menilai tidak ada alasan untuk melarang terbang pesawat Boeing 737 MAX, meskipun telah terjadi dua kecelakaan yang melibatkan pesawat itu di Indonesia dan Ethiopia dalam waktu kurang dari lima bulan.

Kepada wartawan di Gedung Putih, Rabu (13/3), Trump mengatakan, ia tidak ingin mengambil resiko dan karena itu seluruh pesawat Boeing jenis 737 MAX untuk sementara waktu harus dilarang terbang.

Trump mengatakan, ia mengambil keputusan itu setelah mendapat informasi baru, bukti-bukti fisik yang diterima dariTKP dan sejumlah keluhan. Trump memperkirakan Boeing akan segera menyelesaikan masalah ini. [ab]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG