Tautan-tautan Akses

Amerika Kutuk Serangan Bom di Kabul


Suasana pasca serangan bom bunuh diri di Kabul, Afghanistan yang menewaskan sedikitnya 80 orang, Sabtu (23/7).
Suasana pasca serangan bom bunuh diri di Kabul, Afghanistan yang menewaskan sedikitnya 80 orang, Sabtu (23/7).

ISIS mengklaim serangan bom di Kabul hari Sabtu (23/7) yang menewaskan sedikitnya 80 orang dan melukai 231 lainnya dalam sebuah aksi demonstrasi damai.

Pernyataan Kementerian Dalam Negeri Afghanistan hari Sabtu (23/7) mengatakan bahwa tiga pembom bunuh diri menyerang para demonstran yang tengah melakukan aksi unjuk rasa di Kabul.

Salah seorang di antaranya meledakkan perangkat yang dibawanya di tengah para demonstran, pembom kedua hanya menewaskan dirinya sendiri, sementara pembom ketiga ditembak mati oleh aparat keamanan yang menjaga demonstrasi tersebut.

Sebuah situas terkait kelompok teror ISIS mengklaim bertanggungjawab atas aksi kekerasan tersebut. Pernyataan tersebut mengatakan serangan itu untuk mengingatkan etnis Hazaras di Afghanistan – yang umumnya terdiri dari warga Syiah – untuk tidak bergabung dengan pemerintah Suriah yang memerangi kelompok teror tersebtu.

Kelompok-kelompok HAM dan analis menuduh Iran secara sembunyi-sembunyi merekrut dan melatih orang-orang dari sekitar tiga juta pengungsi Afghanistan yang ditampungnya dan mengirim mereka ke Suriah untuk berperang bersama pasukan pemerintah.

Presiden Ashraf Ghani mengutuk aksi kekerasan itu sebagai pekerjaan “teroris dan oportunis”, dengan mengatakan pemerintah telah menetapkan langkah-langkah untuk menjaga keamanan para demonstran.

“Tetapi teroris masuk diantara para demonstran dan meledakkan bom yang membunuh dan melukai sejumlah warga, termasuk anggota pasukan keamanan dan pertahanan”, ujar Ghani.

Berpido dalam sebuah pertemuan di Istana Sabtu sore yang sebagian besar dihadiri pemimpin Hazara, Ghani memerintahkan penyelidikan dan menyatakan hari Minggu (24/7) sebagai hari berkabung nasional, serta menyatakan akan melakukan sholat jenazah bagi para korban di mesjid.

Amerika juga mengutuk keras apa yang disebut sebagai “serangan keji”. Gedung Putih mengatakan apa yang menjadikan serangan itu lebih keji adalah karena menarget demonstrasi damai.

Serangan itu ditujukan pada demonstrasi ribuan warga etnis Hazara yang menuntut pemerintah mengubah jalur listrik yang sudah direncanakan supaya melewati pusat propinsi Bamiyan yang miskin. [em]

Recommended

XS
SM
MD
LG