Tautan-tautan Akses

Amerika Evakuasi Personel Setelah Terjadi Gejala-Gejala Penyakit Misterius


Pintu masuk Gedung Konsulat AS di Guangzhou, China, 7 JUni 2018. (Foto: dok).
Pintu masuk Gedung Konsulat AS di Guangzhou, China, 7 JUni 2018. (Foto: dok).

Amerika Serikat mengatakan telah memulangkan “sejumlah” setelah melakukan pemeriksaan medis terhadap diplomat Amerika dan keluarga mereka di Guangzhou, China sebagai tanggapan atas gejala-gejala misterius yang diderita oleh seorang pegawai pemerintah Amerika.

Departemen Luar Negeri mengeluarkan peringatan kesehatan bulan lalu setelah karyawan tersebut melaporkan bah wa it mengalami “suara lembut dan samar-samar, tetapi abnormal, sensasi dan tekanan” dan didiagnosis mengalami cedera otak traumatis ringan.

Menteri Luar Negeri Mike Pompeo menggambarkannya sebagai “insiden medis yang serius.”

Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS, Heather Nauert (Foto: dok).
Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS, Heather Nauert (Foto: dok).

Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Heather Nauert mengeluarkan pernyataan Rabu malam (6/6) yang mengatakan bahwa departemen itu telah mengirim tim medis ke Guangzhou untuk memeriksa semua karyawan dan anggota keluarga yang memintanya. Sebagai tindak lanjut dari pemeriksaan itu, sejumlah orang dikirim ke Amerika Serikat untuk menjalani evaluasi lebih lanjut.

“Profesional medis AS akan terus melakukan evaluasi penuh untuk menentukan penyebab gejala yang dilaporkan itu dan apakah temuan itu sama dengan yang dialami sebelumnya oleh personel pemerintah atau mungkin sama sekali tidak terkait,” kata Nauert.

Tahun lalu di Kuba, Amerika Serikat melaporkan bahwa sebagian personel dan anggota keluarga mereka mengalami berbagai gejala, seringkali setelah mendengar suara yang tidak biasa, tetapi penyebab gejala demikian hingga kini masih belum diketahui. [lt]

XS
SM
MD
LG