Tautan-tautan Akses

Amerika dan Jepang Sepakat Tingkatkan Tekanan terhadap Korea Utara


Seorang perempuan berjalan melewati layar TV yang menyiarkan berita peluncuran misil Korea Utara di Tokyo, 29 Agustus 2017.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe hari Selasa (29/8) mengatakan ia dan Presiden Donald Trump sepakat meningkatkan tekanan terhadap Korea Utara setelah Pyongyang meluncurkan sebuah misil balistik melewati Jepang, dalam provokasi paling serius yang dilakukan Korea Utara dalam bertahun-tahun.

“Kita harus secepatnya melakukan sidang darurat Dewan Keamanan PBB dan semakin memperkuat tekanan terhadap Pyongyang,” Shinzo Abe mengatakan kepada wartawan setelah berbicara melalui telepon selama 40 menit dengan Trump.

“Meningkatkan tekanan terhadap Korea Utara, Amerika dan Jepang sepakat dalam hal ini,” tambah Abe tanpa menjelaskan langkah yang akan dilakukan.

Ia menambahkan, Trump yang terlibat dalam perang kata-kata dengan Pyongyang terkait pengembangan senjata Korea Utara, mengatakan Washington siap berdiri di belakang Jepang.

“Presiden Trump memberikan komitmen kuat bahwa Amerika bersama Jepang 100 persen,” Abe dikutip mengatakan.

“Kita akan bekerja sama, antara Jepang, Amerika, dan Korea Selatan. Kita juga akan mengajak Tiongkok, Rusia, dan masyarakat internasional dan menekan Korea Utara agar mengubah kebijakannya."

Pekan lalu, Jepang mengatakan akan memberlakukan sanksi baru terhadap Korea Utara dengan membekukan aset perusahaan Tiongkok dan Namibia yang melakukan bisnis dengan Korea Utara. [ds]

XS
SM
MD
LG