Tautan-tautan Akses

AS Berupaya Mediasi Perselisihan tentang Bendungan Nil


Sungai Nil Biru atau Blue Nile mengalir dekat lokasi Bendungan Grand Ethiopian Renaissance dekat Assosa, Etopia, 28 Juni 2013.
Sungai Nil Biru atau Blue Nile mengalir dekat lokasi Bendungan Grand Ethiopian Renaissance dekat Assosa, Etopia, 28 Juni 2013.

Pemerintah AS mengundang Menteri Luar Negeri Mesir, Etiopia dan Sudan ke Ibu Kota AS, Washington DC, untuk membahas proyek bendungan raksasa untuk pembangkit listrik “Blue Nile” di Etiopia. Proyek itu menjadi penyebab memuncaknya perselisihan antara Etiopia dan Mesir terkait sumber daya air.

Surat undangan yang diperoleh VOA itu disampaikan oleh Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin pada 21 Oktober lalu ke tiga negara tersebut dan Presiden Kelompok Bank Dunia David Malpass.

Mesir, yang telah sejak lama mencari bantuan dari luar untuk menengahi perselisihan itu, telah menerima rencana pertemuan yang dijadwalkan akan dilangsungkan di kantor Mnuchin pada 6 November mendatang.

Dalam sidang Majelis Umum PBB di New York, September lalu, seorang pejabat senior pemerintahan Trump mengukuhkan bahwa Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sissi telah meminta Presiden Donald Trump untuk menengahi konflik yang disebabkan oleh Grand Ethiopian Renaissance Dam itu.

Mesir menilai isu itu merupakan masalah keamanan nasional. Tanpa penyelesaian dengan Ethiopia, konstruksi bendungan raksasa di hulu Sungai Nil itu dapat mengancam sumber air bersih Mesir.[em/pp]

XS
SM
MD
LG