Tautan-tautan Akses

American Airlines Berencana Beli Saham China Southern Airlines


Seorang penumpang di depan pesawat American Airlines di bandara Ronald Reagan National.

American Airlines Group Inc, atau Kelompok Maskapai Penerbangan Amerika terbesar di dunia, sedang dalam pembicaraan untuk membeli saham China Southern Airlines Co, menurut pernyataan satu perusahaan penerbangan terbesar dalam angkutan penumpang di Asia.

Pembicaraan menyangkut "memungkinkan kerjasama strategis utama dengan American Airlines, Inc. yang melibatkan antara lain, mengusulkan penerbitan saham perusahaan dan kerjasama bisnis lainnya," kata perusahaan yang berkantor pusat di Guangzhou dalam pengajuan pertukaran saham hari Minggu.

Perdagangan saham China Southern akan melanjutkan di Hong Kong pada hari Senin. Penjualannya ditangguhkan sejak 23 Maret, setelah Bloomberg News melaporkan bahwa perusahaan penerbangan yang berpusat di Fort Worth, Texas itu mungkin akan menginvestasi sekitar $ 200 juta dalam saham China Southern yang terdaftar dalam saham Hong Kong melalui non publik. American Airlines, Inc akan menunjuk seorang pengamat tanpa hak suara pada dewan perusahaan China Southern, menurut orang-orang yang akrab dengan soal itu.

Perusahaan belum mencapai kesepakatan yang mengikat atau definitif, dan kerjasama yang mungkin atau tidak mungkin dilanjutkan, kata China Southern dalam pernyataannya.

Juru bicara American Airlines, Polly Tracey menolak berkomentar.

Bagi American Airlines kesepakatan itu akan memperkuat kehadirannya di pasar China, setelah saingannya, Delta Air Lines Inc membeli sebagian kecil saham China Eastern Airlines Corp tahun 2015. China Southern akan menjadi perusahaan terakhir dari tiga perusahaan penerbangan utama yang membawa investor strategis yang bukan dari China. Cathay Pacific Airways Ltd yang berpusat di Hong Kong, memiliki sekitar 18 persen dari perusahaan penerbangan pemerintah Cina Air China Ltd.

Sebuah perjanjian akan membantu meningkatkan rencana perluasan China Southern, yang pada Januari lalu mempertimbangkan untuk menarik investor strategis. Perusahaan itu telah menambah rute penerbangan ke Australia, Selandia Baru dan negara-negara di Asia Tenggara bersaing dengan China Eastern dan Air China. Perimbangan kekuatan akan meningkatkan kehadiran China Southern di AS, kata Will Horton, seorang pengamat senior di CAPA atau Pusat Penerbangan Asia Pasifik di Hong Kong. [ps/al]

XS
SM
MD
LG