Tautan-tautan Akses

Amal Clooney Masuk Tim Pengacara untuk Membela Jurnalis Filipina


Pengacara HAM internasional, Amal Clooney, menghadiri pertemuan Menteri Luar Negeri G7 di Dinard, Brittany, 5 April 2019.

Pengacara HAM internasional, Amal Clooney dan Caoilfhionn Gallagher QC, akan memimpin tim pembela untuk mewakili wartawan Filipina, Maria Ressa, yang sering mengecam Presiden Filipina, Rodrigo Duterte.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor hukum Doughty Street Chambers yang bermarkas di London, Amal Clooney menyebut Ressa "seorang wartawan pemberani yang dianiaya karena melaporkan berita dan menentang pelanggaran HAM."

Maria Ressa, yang dinobatkan sebagai Person of the Year tahun 2018 oleh majalah Time, adalah salah satu pendiri situs berita online, Rappler.

Dalam sebuah tajuk rencana yang diterbitkan di Columbia Journalism Review tahun ini, Ressa menuduh Duterte memimpin kampanye sistematis terhadap organisasi berita dan wartawan, termasuk dirinya sendiri.

Ressa mengatakan kepada AFP, Selasa (9/7), bahwa ia menghadapi setidaknya 11 kasus yang mengharuskannya mengirim uang jaminan delapan kali dan membayar obligasi untuk bisa bepergian ke luar negeri. [ps/pp]

Recommended

XS
SM
MD
LG