Tautan-tautan Akses

Aliansi Pasifik Tandatangani Perjanjian Perdagangan dengan Singapura


Pemimpin negara dari Aliansi Pasifik (dari kiri) Menteri Keuangan Meksiko Rogelio Ramirez, Presiden Chili Sebastian Pinera, Presiden Kolombia Ivan Duque dan Presiden Peru Pedro Castillo berpose untuk foto dalam pertemuan mereka di Kolombia pada 26 Januari 2022. (Foto: AP)

Presiden Kolombia, Peru dan Chili dan delegasi dari Meksiko bertemu pada pada Rabu (26/1) pada konferensi XVI Aliansi Pasifik di Bahía Malaga di Pantai Pasifik Kolombia.

Negara-negara anggota aliansi tersebut menandatangani perjanjian perdagangan dengan Singapura, yang memungkinkan negara pulau di Asia Tenggara itu menjadi Negara Asosiasi pertama dari aliansi tersebut. Negara Asosiasi (Associated State) diciptakan untuk menjalin perjanjian perdagangan antara pihak ketiga dengan empat negara anggota Aliansi Pasifik.

Aliansi Pasifik adalah mekanisme integrasi politik dan komersial yang didirikan pada tahun 2011 oleh Chili, Kolombia, Peru, dan Meksiko.

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong bergabung pada pertemuan tersebut secara virtual dan memuji penandatanganan perjanjian perdagangan bebas yang bertujuan meningkatkan investasi dan memperkuat kemitraan ekonomi dalam berbagai sektor yang menjadi kepentingan bersama seperti infrastruktur, ekonomi digital, energi, dan lingkungan.

“Pertama, Aliansi Pasifik lebih kuat dari sebelumnya. Kedua, integrasi, pertukaran investasi, dan perdagangan sangat penting untuk transformasi masyarakat kita dan (juga) untuk kesejahteraan rakyat. Oleh karena itu, kita harus memperkuat instrumen ini, menjauhkannya dari kontaminasi ideologi apa pun, dan menjadikan kesejahteraan rakyat kita sebagai pusat persatuan,” ujar Presiden Kolombia Ivan Duque dalam sambutannya.

Tamu khusus pada acara tersebut termasuk Gan Kim Yong, Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, dan Guillermo Lasso, Presiden Ekuador, yang sedang bernegosiasi untuk bergabung dengan Aliansi Pasifik sebagai negara anggota. [lt/ka]

Recommended

XS
SM
MD
LG