Tautan-tautan Akses

Al-Shabab Bertempur Melawan ISIS di Somalia Timur Laut


Ledakan Bom di Peshawar Kala Bari, 5 Januari 2019. (Foto: dok).

Kelompok militan al-Shabab telah meningkatkan serangan-serangannya terhadap para pendukung ISIS di Bari, daerah pegunungan di timur laut Somalia, kata para pakar.

Para pejabat intelijen dan keamanan sekarang menyatakan al-Shabab telah merebut dua lokasi dari militan pro-ISIS pekan ini. Salah satu daerah itu adalah El-Miraale, kawasan sumber air yang menjadi titik fokus pertempuran. Desa kedua yang direbut al-Shabab adalah Shebaab, di sebelah selatan kota Qandala, kata para sumber.

Militan pro-ISIS kini telah mundur semakin jauh ke kawasan dataran tinggi, tetapi para pakar mengatakan pertempuran di sana belum berakhir.

Abdi Hassan Hussein, mantan kepala intelijen Puntland yang memantau bentrokan terbaru antara kedua pihak mengatakan, mereka bertempur untuk memperebutkan daerah pegunungan yang telah menjadi basis ISIS.

Al-Shabab menyerang ISIS pada Desember lalu setelah al-Shabab menyelundupkan puluhan milisi mereka ke kawasan itu, langkah yang dipandang sebagai upaya berani untuk mencapai tempat persembunyian ISIS.

Hussein mengatakan al-Shabab kalah dan kehilangan anggota dalam pertempuran pertama pertengahan Desember lalu. Akan tetapi setelah itu al-Shabab menggalang kekuatannya lagi dan melancarkan ofensif kedua awal pekan ini. Ia mengatakan el-Miraale kini dikuasai al-Shabab.

Kedua kelompok itu bukan hanya bertempur memperebutkan wilayah tetapi juga bersaing untuk mendapatkan uang hasil pemerasan terhadap para pengusaha Somalia. [uh]

XS
SM
MD
LG