Tautan-tautan Akses

Al-Qaida Rebut Pangkalan Militer Yaman


Pemberontak Houthi berhasil menguasai istana kepresidenan Yaman di kota Aden Kamis 2/4 (foto: dok).
Pemberontak Houthi berhasil menguasai istana kepresidenan Yaman di kota Aden Kamis 2/4 (foto: dok).

Militan al-Qaida hari Jumat (3/4) merebut sebuah pangkalan militer penting di Mukalla, Yaman.

Militan al-Qaida hari Jumat (3/4) merebut sebuah pangkalan militer penting di Mukalla, Yaman, sehari setelah menyerbu sebuah penjara disana dan membebaskan 300 narapidana.

Sementara itu, koalisi pimpinan Arab Saudi terus memasok senjata lewat udara bagi para pejuang yang bertempur melawan pemberontak Syiah Houthi di kota pelabuhan Aden.

Pertempuran bertambah sengit dalam upaya pasukan Yaman mencegah pemberontak menguasai kota itu sepenuhnya, yang merupakan kubu terakhir pendukung Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi. Presiden Hadi sendiri telah mengungsi dari Aden minggu lalu.

Pesawat-pesawat tempur koalisi melancarkan serangan udara, dan pihak berwenang mengatakan setidaknya 10 militan tewas dalam pertempuran hari Jumat.

Pemberontak Houthi berhasil menguasai istana kepresidenan di Aden hari Kamis, memberikan pukulan telak bagi pihak koalisi.

Pakistan hari Jumat mengevakuasi hampir 200 warganya dari Yaman, sementara Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif berangkat ke Turki untuk membahas krisis di Yaman.

Pakistan belum memutuskan apakah akan bergabung dengan koalisi pimpinan Arab Saudi meskipun penduduknya sebagian besar umat Sunni dan adalah sekutu Arab Saudi.

XS
SM
MD
LG