Tautan-tautan Akses

Al-Qaeda Konfirmasi Kematian Pemimpin AQAP, Tunjuk Penerus


Qasim al-Rimi.
Qasim al-Rimi.

Kelompok Intelijen Site melaporkan, Minggu (23/2), bahwa Al-Qaeda memastikan kematian Qasim al-Rimi, pemimpin Al-Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP).

Menurut berbagai laporan, AQAP mengumumkan Khalid Battarfi adalah pemimpin baru Al-Qaeda di Yaman. Battarfi adalah wakil Rimi dan bertanggungjawab atas media kelompok itu dalam beberapa tahun belakangan.

Presiden AS Donald Trump mengumumkan awal Februari bahwa AS telah menewaskan Rimi dalam sebuah operasi kontra-terorisme di Yaman.

Pemerintah AS menganggap AQAP sebagai salah satu cabang paling mematikan dari jaringan Al-Qaeda.

"Di bawah Rimi, AQAP berkomitmen melakukan kekerasan tak berperikemanusiaan terhadap warga sipil di Yaman dan berusaha melakukan dan menghasut sejumlah kekerasan terhadap AS dan pasukan kami," kata Trump.

"Kematiannya semakin merongrong AQAP dan gerakan Al-Qaeda, dan membawa kita semakin dekat untuk menghapuskan ancaman kelompok-kelompok ini terhadap keamanan nasional kita."

Rimi adalah salah seorang dari 23 laki-laki yang melarikan diri dalam aksi pembobolan penjara di Yaman pada Februari 2006, bersama beberapa anggota Al-Qaeda lain. Dia juga terkait dengan pemboman bunuh diri pada Juli 2007 yang menewaskan delapan turis Spanyol. [vm/pp]

XS
SM
MD
LG