Tautan-tautan Akses

Aktivis Oposisi Birma akan Bentuk Partai Baru


Than Nyien dan sejumlah anggota oposisi akan membentuk partai politik baru dengan nama Kekuatan Demokrasi Nasional (NDF).

Anggota terkemuka dari partai oposisi utama di Birma, yang tidak sepakat dengan pemboikotan terhadap pemilu mendatang yang dilaksanakan militer, menyatakan mereka akan membentuk faksi sempalan untuk dapat ikut pemilu.

Anggota Liga Nasional Bagi Demokrasi (NLD) Than Nyien memberitahu VOA pada hari Kamis ini, ia dan sejumlah anggota lain telah memutuskan untuk membentuk partai politik baru dengan nama Kekuatan Demokrasi Nasional (NDF). Katanya, NDF akan mendaftar kepada penguasa militer Birma untuk ikut ambil bagian dalam pemilu yang berlangsung tahun ini.

Menurut Than Nyien, sikap politik NDF tidak jauh berbeda dengan NLD, yang memboikot pemilu karena menolak syarat pemerintah militer untuk dapat tetap sebagai sebuah partai yang legal.

Menurut undang-undang pemilu yang baru ditetapkan militer Birma, NLD harus memecat tahanan politik dari keanggotaan partai, dan mendaftarkan untuk ikut pemilu paling lambat hari Kamis atau menghadapi pembubaran.

Belum ada komentar langsung dari NLD mengenai keputusan faksi sempalan untuk membentuk NDF.

XS
SM
MD
LG