Tautan-tautan Akses

Aktivis Imigrasi Amerika Protes UU Arizona


50.000 demonstran berkumpul di kota Los Angeles, California, untuk mengadakan rapat umum hak-hak imigran.

Sedikitnya 50.000 demonstran berkumpul hari Sabtu di kota Los Angeles, negara bagian California, untuk mengadakan rapat umum hak-hak imigran dan memprotes undang-undang baru di negara bagian Arizona. UU imigrasi baru negara bagian tersebut dimaksudkan untuk menindak imigrasi gelap.

Aktor Martin Sheen dan penyanyi Gloria Estefan termasuk di antara pembicara di muka umum.

Rapat umum pro-imigrasi menjadi acara tahunan tanggal 1 Mei di banyak kota di Amerika selama beberapa tahun belakangan, tetapi undang-undang Arizona telah memicu perhatian baru dalam masalah ini. Demonstrasi serupa juga diadakan sedikitnya di 70 kota termasuk Washington, DC.

Undang-undang Arizona yang akan diberlakukan dalam beberapa bulan mendatang itu mengharuskan polisi untuk memeriksa status orang-orang yang dicurigai sebagai imigran gelap dan para imigran diwajibkan setiap saat untuk membawa dokumen-dokumen keimigrasian.

Organisasi-organisasi masyarakat Amerika Selatan di Amerika mengatakan undang-undang tersebut mendiskriminasikan orang berdasarkan ras dan beberapa organisasi itu diharapkan akan menuntut undang-undang tersebut.

XS
SM
MD
LG