Tautan-tautan Akses

Aktivis Iklim Greta Thunberg Tiba untuk Ikuti Konferensi Iklim PBB


Aktivis iklim Greta Thunberg melambaikan tangannya setibanya di Lisbon dengan kapal katamaran La Vagabonde, Selasa, 3 Desember 2019.

Aktivis iklim Greta Thunberg tiba hari Selasa (3/12) dengan kapal katamaran di pelabuhan Lisbon setelah pelayaran tiga pekan melintasi Samudera Atlantik dari AS.

Remaja Swedia itu berlayar ke ibukota Portugal sebelum menuju ke negara tetangga, Spanyol, untuk menghadiri Konferensi Perubahan Iklim PBB yang berlangsung di Madrid.

Kedatangannya bersamaan dengan keluarnya laporan ilmiah baru yang menyebutkan bahwa ada bukti yang kian banyak bahwa bumi semakin panas.

Thunberg menumpangi kapal berbahan bakar energi terbarukan dari AS, bergabung dengan satu keluarga Australia di yacht sepanjang 15 meter milik mereka.

Katamaran putih yang membawa Thunberg berlayar perlahan menyusuri Sungai Tagus. Ayah Thunberg, Svante, juga berada di kapal itu sewaktu mendekati dermaga Lisbon. .

Menteri Lingkungan Hidup Chili Carolina Schmidt, memuji peran Thunberg yang berbicara lantang mengenai ancaman perubahan iklim.

“Ia telah menjadi pemimpin yang mampu menggerakkan dan membuka hati banyak orang muda dan banyak orang di seluruh dunia,” kata Schmidt pada KTT di Madrid. “Kita memerlukan kekuatan besar untuk meningkatkan aksi mengenai iklim,” lanjutnya.

Thunberg dijadwalkan ditemui para pejabat setempat dan aktivis lainnya di Lisbon. Wakil-wakilnya menyatakan mereka tidak dapat mengkonfirmasikan kapan ia akan berlayar menuju ibukota Spanyol, yang berjarak 600 kilometer sebelah timur Lisbon.

Thunberg menginginkan transportasi yang beremisi rendah karbon untuk mencapai tempat konferensi, yang diubah dengan pemberitahuan singkat ke Spanyol dari Chili karena kerusuhan di sana.

Yacht La Vagabonde yang ditumpangi Thunberg meninggalkan sedikit atau tanpa jejak karbon sewaktu berlayar. Energi listrik di kapal itu dibangkitkan oleh panel-panel surya dan hidrogenerator. [uh/ab]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG