Tautan-tautan Akses

Aktivis Benin Sumbang Alat Kesehatan ke Haiti


Penulis Benin Perancis, Kémi Seba, membagikan paket sanitas di kawasan-kawasan kumuh di Port au Prince, 16 November 2019. (Foto: W.Bossou/ VOA Creole)

Penulis dan aktivis Benin Perancis, Kemi Seba, berada di Haiti akhir pekan lalu untuk misi kemanusiaan. Seba menyumbangkan paket sanitasi.

Seba datang ke negara Karibia itu untuk menunjukkan dukungan bagi gerakan antikorupsi, PetroChallenger, dan bagi penduduk daerah kumuh termiskin di ibu kota.

Paket sanitasi itu berisi barang-barang seperti sabun, pasta gigi, dan obat-obatan. Seba mengatakan LSMnya membeli obat, yang didistribusi dengan bantuan dokter setempat. Meskipun tidak memenuhi kebutuhan semua orang, ia mengatakan, paket itu berisi barang-barang kebutuhan dasar yang bisa membantu sebagian kebutuhan masyarakat yang paling mendesak.

Sektor kesehatan Haiti terimbas protes anti-korupsi dan anti-pemerintah yang meningkat Februari lalu. Tenaga medis negara itu turun ke jalan-jalan bulan lalu, bergabung dengan demonstran antikorupsi untuk mengecam kondisi menyedihkan seperti kurangnya air, listrik dan sanitasi, yang menghambat kemampuan petugas medis untuk merawat orang sakit.[ka/ft]

XS
SM
MD
LG