Tautan-tautan Akses

Agen Rusia Diperintahkan Tetap Dipenjara


Maria Butina, ketua organisasi pro-senjata di Rusia, berbicara di hadapan pada pendukung kepemilikan senjata di Moskow, Rusia, 21 April 2013.

Hakim pengadilan Federal, Rabu (18/7), memerintahkan Maria Butina, yang dituduh sebagai agen Rusia, tetap dipenjara setelah tim jaksa menyampaikan bukti yang menuduh bahwa ia memiliki kaitan dengan badan-badan intelijen Rusia.

Butina yang berusia 29 tahun dan menjadi pembantu seorang pejabat berpengaruh di Rusia, didakwa di pengadilan federal di Washington DC dengan satu tuduhan konspirasi dan satu tuduhan bahwa ia bertindak sebagai agen ilegal asing. Ia mengaku tidak bersalah atas tuduhan-tuduhan itu.

Dakwaan itu menuduhnya menjadi bagian dari upaya rahasia selama bertahun-tahun untuk mempengaruhi politik di Amerika dengan menjalin hubungan dengan tokoh-tokoh politik yang berpengaruh dan menyusup ke organisasi-organisasi politik dan keagamaan terkemuka di Amerika.

Hakim Pengadilan Federal Amerika Deborah Robinson mengatakan jaksa penuntut telah “menunjukkan bahwa tidak ada hal yang cukup meyakinkan” bahwa Butina akan kembali ke pengadilan jika ia dibebaskan dari penjara federal di Washington DC dimana ia telah ditahan sejak ditangkap akhir pekan lalu. [em/al]

XS
SM
MD
LG