Tautan-tautan Akses

Afghanistan Upayakan Pembebasan Awak Helikopter Pakistan yang Jatuh


Helikopter MI-17 buatan Rusia di Kabul, Afghanistan (foto: ilustrasi).
Helikopter MI-17 buatan Rusia di Kabul, Afghanistan (foto: ilustrasi).

Helikopter MI-17 Pakistan sedang terbang melalui wilayah udara Afghanistan sewaktu jatuh di distrik terpencil di provinsi Logar pekan lalu.

Pasukan keamanan Afghanistan melakukan upaya-upaya membebaskan awak sebuah helikopter Pakistan yang jatuh di wilayah Afghanistan pekan lalu sewaktu dalam penerbangan menuju Rusia, sebut para pejabat Pakistan, Kamis.

“Sebagaimana yang dilaporkan Afghanistan, para awak dalam keadaan selamat. Pihak berwenang Afghanistan telah menjamin mereka sedang berupaya, melalui para tetua di kawasan itu untuk memulangkan semua awak,” kata jurubicara Kementerian Luar Negeri Pakistan Nafees Zakaria kepada para wartawan hari Kamis (11/8) di Islamabad.

Helikopter MI-17 buatan Rusia itu sedang terbang melalui wilayah udara Afghanistan dengan izin resmi dari Kabul sewaktu jatuh di distrik terpencil di provinsi Logar, sebut pihak berwenang Afghanistan.

Penduduk dan para pejabat mengatakan semua awak helikopter itu selamat namun disandera oleh pemberontak Taliban karena lemahnya kewenangan pemerintah di sana. Kelompok pemberontak itu sejauh ini belum memberi pernyataan resmi mengenai apakah para awak itu mereka sandera.

Zakaria tidak menyebutkan siapa yang menawan keenam pakar penerbangan Pakistan dan navigator mereka yang berkebangsaan Rusia.

Para anggota Taliban Pakistan yang antipemerintah, yang diduga bersembunyi di daerah-daerah perbatasan Afghanistan juga telah membantah keterlibatan mereka. [uh/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG