Tautan-tautan Akses

Abaikan Kecaman PBB, Taliban Afghanistan Umumkan Pencambukan Terbuka


Seorang petugas keamanan Taliban berjaga-jaga pada pelaksanaan hukuman pencambukan terhadap perempuan dan laki-laki di depan umum di sebuah stadion sepak bola di kota Charikar, provinsi Parwan pada 8 Desember 2022.
Seorang petugas keamanan Taliban berjaga-jaga pada pelaksanaan hukuman pencambukan terhadap perempuan dan laki-laki di depan umum di sebuah stadion sepak bola di kota Charikar, provinsi Parwan pada 8 Desember 2022.

Taliban Afghanistan telah mengumumkan pencambukan baru terhadap narapidana, baik wanita maupun pria. Pencambukan dilakukan secara terbuka di depan umum, bertentangan dengan seruan baru PBB agar penguasa Islamis segera menghentikan praktik tersebut.

Mahkamah Agung Taliban, Senin, mengatakan kelompok yang terdiri atas 22 orang, termasuk wanita, dicambuk di stadion olah raga yang penuh sesak di Sheberghan, ibu kota provinsi Jowzjan, Afghanistan utara. Masing-masing dicambuk antara 25 dan 30 kali atas dugaan kejahatan, termasuk perzinahan, seks sesama jenis, kabur dari rumah, perdagangan narkoba dan pencurian, kata pernyataan itu. Pengadilan juga melaporkan pada Minggu bahwa 11 pria dan seorang wanita dicambuk di provinsi Ghor karena melakukan kejahatan serupa.

Otoritas de facto Afghanistan telah mencambuk lebih dari 130 pria dan wanita di stadion olah raga yang penuh sesak di beberapa provinsi dan ibu kota, Kabul, sejak pertengahan November, ketika pemimpin tertinggi Taliban, Hibatullah Akhundzada, memerintahkan pengadilan untuk menerapkan hukum Islam atau hukuman berbasis Syariah.

Perintah itu juga mengarah ke eksekusi pertama secara terbuka terhadap terpidana pembunuhan sejak Taliban kembali berkuasa di Afghanistan pada Agustus 2021.

Para pejabat mengatakan eksekusi di provinsi Farah, Afghanistan barat, dua minggu lalu sesuai “Qisas (pembalasan setimpal), hukum Islam yang menetapkan orang tersebut dihukum dengan cara yang sama seperti korban dibunuh.

Pencambukan dan eksekusi sejauh ini dilakukan di stadion disaksikan pejabat senior Taliban dan anggota masyarakat. Pengadilan tinggi Taliban dalam pernyataannya, Senin, membela penerapan Syariah Islam untuk peradilan pidana. Menurut mereka, itu adalah kunci untuk mewujudkan "perdamaian dan keadilan" di negara itu. [ka/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG