Tautan-tautan Akses

Lebanon: Rencana Penarikan Pasukan Suriah Akan Ditentukan Bulan Depan. - 2005-03-14


Menteri Luar Negeri Lebanon Mahmoud Hammoud mengatakan sebuah komisi gabungan Suriah-Lebanon akan bertemu tujuh April mendatang untuk melakukan perencanaan terinci bagi penarikan penuh pasukan Suriah. Hammoud berbicara hari Ahad di Damsyik setelah bertemu dengan Utusan Khusus PBB Terje Roed-Larsen. Larsen mengatakan rincian penarikan akan diumumkan setelah ia melapor kepada Sekretaris Jendral akhir pekan ini. Menteri Kabinet Suriah Buthaynah Shaaban mengatakan pasukan Suriah akan ditarik mulai 1 April sepanjang logistik memungkinkan, dan, kemungkinan besar, sebelum pemilu di Lebanon bulan Mei nanti. Ia mengatakan kepada CNN bahwa badan intelijen Suriah juga akan meninggalkan Lebanon. Shaaban juga menolak tuduhan Amerika bahwa kelompok militan Lebanon Hizbullah adalah sebuah organisasi teroris. Ia menyebut Hizbullah sebuah partai politik "sangat penting", yang sayap militernya mengakhiri pendudukan Israel di Lebanon selatan.

Sementara itu, Pejabat-pejabat Amerika Serikat menyambut baik janji Suriah untuk menarik pasukannya dari Lebanon tetapi mengatakan Damsyik harus melaksanakan rencana itu.

Dalam wawancara dengan program televisi ABC "This Week", Menteri LN Amerika Condoleezza Rice mengatakan Washington melihat unsur positif dalam janji Suriah itu.

Ia mengatakan sangatlah penting bagi Suriah untuk sepakat menarik juga agen-agen intelijennya bersama pasukannya. Tetapi ia mengatakan AS akan terus menekan Suriah agar sepenuhnya memenuhi resolusi PBB yang menyerukan agar semua pasukan asing meninggalkan Lebanon.

Dalam wawancara dengan program "Fox News Sunday", penasihat Keamanan Nasional Presiden Bush Stephen Hadley mengatakan penarikan pasukan Suriah harus selesai dilakukan secepat mungkin sehingga Lebanon dapat melangsungkan pemilu secara bebas dan adil.

XS
SM
MD
LG