Tautan-tautan Akses

Tentara Asing Harus Meninggalkan Aceh dalam Waktu Tiga Bulan - 2005-01-12


Pemerintah Indonesia mengatakan tentara asing yang membantu usaha-usaha bantuan Tsunami harus meninggalkan Aceh dalam waktu tiga bulan.

Amerika, Australia, Jepang, Malaysia dan Singapura memiliki satuan angkatan laut, udara dan darat di propinsi yang rusak parah akibat Tsunami untuk memberikan bantuan darurat.

Namun Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla mengatakan kepada para wartawan hari ini bahwa militer asing perlu meninggalkan Aceh segera setelah misi mereka selesai – yang katanya tidak lebih dari bulan Maret.

Sementara itu, sebuah angkutan yang berisi suplai bantuan PBB akhirnya berada dalam perjalananan ke Meulaboh, kota nelayan di Indonesia yang hancur akibat Tsunami, yang hingga pekan ini masih sulit dimasuki para pekerja bantuan darurat.

Usaha-usaha bantuan terus berlanjut di seluruh kawasan Asia Selatan dimana para pekerja bantuan mencari mayat, membersihkan puing-puing, membangun kembali jaringan transportasi dan bangunan-bangunan, dan mencegah berjangkitnya penyakit di kalangan korban yang selamat. Organisasi Pangan dan Pertanian PBB atau FAO mengatakan kemarin bahwa ada cukup pangan di negara-negara yang terkena musibah Tsunami untuk memenuhi kebutuhan sekitar dua juta orang – namun kerusakan yang ditimbulkan Tsunami telah membuat suplai-suplai itu sulit disalurkan.

XS
SM
MD
LG