Tautan-tautan Akses

Para Pemimpin Dunia Berjanji Membantu Negara Korban Bencana Tsunami - 2005-01-06


Para pemimpin dunia telah berjanji untuk bekerjasama membantu negara-negara yang hancur akibat bencana Tsunami pekan lalu.

Para pemimpin itu, dalam sebuah deklarasi yang dikeluarkan hari ini di akhir konprensi satu hari mengenai krisis Tsunami di Indonesia, juga mendukung pembentukan sistem peringatan dini Tsunami bagi Lautan India untuk mencegah bencana serupa di masa mendatang.

Sekretaris Jenderal PBB Kofi Annan mengatakan hampir satu miliar dolar dana bantuan perlu digunakan segera untuk membantu korban bencana Tsunami. Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan bencana yang pertamakali terjadi ini membutuhkan respon yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Para pejabat PBB mengatakan antara tiga dan empat miliar dana bantuan telah dijanjikan, dan sebuah usaha besar-besaran sedang dilakukan untuk mendapatkan makanan, minuman dan perawatan medis bagi para korban di kawasan-kawasan terpencil di 11 negara yang tertimpa bencana.

Sementara itu, Uni Eropa berencana untuk menjanjikan tambahan bantuan dana sebesar 461 juta dolar bagi korban bencana Tsunami.

Presiden Komisi Eropa Jose Manuel Barroso mengatakan kepada para wartawan di Jakarta bahwa ia akan meminta Parlemen Eropa menyetujui rencana bantuan itu, yang akan digunakan untuk usaha rekonstruksi jangka panjang.

XS
SM
MD
LG