Tautan-tautan Akses

Usaha-usaha Bantuan Terus Berlanjut di Kawasan Asia Selatan - 2005-01-06


Usaha-usaha bantuan terus berlanjut di kawasan Asia Selatan, dimana para korban yang selamat dari bencana gempa dan Tsunami terus memenuhi rumah-rumah sakit dan kamp-kamp pengungsi.

Badan-badan PBB memperingatkan kemungkinan penyebaran penyakit di kamp-kamp pengungsi, pelecehan seksual dan ekploitasi wanita dan anak-anak, jika kondisi yang kacau terus berlanjut.

WHO mengatakan total korban tewas akibat bencana yang saat ini diperkirakan sekitar 150 ribu, bisa meningkat dua kali lipat karena ratusan ribu orang berbagi fasilitas sanitasi dan air minum yang tidak memadai.

Indonesia paling parah dihantam bencana Tsunami, dengan total korban tewas mendekati 100 ribu orang. Salah satu kawasan yang paling hancur adalah propinsi Aceh, dimana pihak militer mengatakan sejumlah tentara dan pemberontak terlibat bentrokan hari di dekat para korban Tsunami yang sedang menunggu untuk melintasi sungai dengan menggunakan ferry darurat. Tidak korban ada terluka dilaporkan.

Koordinator bantuan PBB Jan Egeland mengatakan pada hari Rabu, kawasan-kawasam yang dilanda bencana diperkirakan memerlukan bantuan internasional – khususnya pemakaian helikopter – selama setahun atau lebih, sampai jalan-jalan di kawasan yang terkena musibah bisa dibangun kembali.

XS
SM
MD
LG