Tautan-tautan Akses

Tersangka Pelaku Bom Bunuhdiri Diduga Masuki Pangkalan Militer AS Dengan Seragam Militer Irak - 2004-12-24


Panglima pasukan militer Amerika di Mosul, Irak Utara mengatakan para penyidik forensik menduga seorang tersangka pelaku bom bunuhdiri kemungkinan telah memasuki ruangan makan di pangkalan militer Amerika dengan mengenakan seragam militer Irak. Brigadir Jenderal Carter Ham mengatakan kepada CNN hari ini bahwa si pelaku mungkin juga mengenakan rompi bahan peledak, yang menyebabkan ledakan saat makan siang itu. Katanya serangan itu mungkin tidak dilakukan satu orang dan memerlukan perencanaan. Hal itu dikatakan pada saat pihak militer Amerika melanjutkan penyidikan atas bagaimana pelaku bom bunuh diri tersebut bisa menyusup ke kamp itu. Kelompok militan di Irak Laskar Ansar al-Sunna yang berafiliasi dengan Al Qaida telah menyatakan bertanggungjawab atas serangan hari Selasa itu yang menewaskan 22 orang dan melukai 69 lainnya.

Sementara itu, pasukan Amerika bentrok dengan pemberontak Irak hari ini di Fallujah, kota yang semula menjadi basis pemberontak, sementara penduduk menunggu untuk masuk kembali ke kota itu untuk pertama kalinya sejak ofensif bulan November untuk menghancurkan kaum militan.

Pesawat-pesawat tempur dan tank-tank Amerika menembaki beberapa bagian kota itu, yang menghambat kepulangan sekitar 2 ribu keluarga. Pemerintah sementara Irak semula berharap hampir 2 ribu keluarga akan pulang hari ini, meskipun prasarana kota itu hancur.

Lebih dari 200 ribu warga Fallujah lari menjelang ofensif itu. Mereka telah tinggal di kota-kota tenda yang didirikan di kota-kota dan desa di dekatnya selama 7 pekan terakhir.

Tiga anggota marinir tewas hari ini dalam pertempuran di provinsi al-Anbar, yang meliputi Fallujah.

XS
SM
MD
LG