Tautan-tautan Akses

Para Pemimpin APEC Berjanji Untuk Memerangi Terorisme Global  - 2004-11-22


Para pemimpin APEC telah berjanji untuk memerangi terorisme global dan melanjutkan usaha mereka dalam mengurangi hambatan terhadap perdagangan bebas di seluruh dunia.

Para anggota Forum APEC, Cina, AS dan 19 negara lain di relung Pasifik [ termasuk negara-negara Amerika, Asia dan Australia] telah mengakhiri KTT dua hari di kota Santiago, Chili dengan mengeluarkan deklarasi bersama, Ahad ini, yang menyatakan optimistik mengenai masa depan pertumbuhan ekonomi di kawasan itu.

Ke-21 negara APEC merupakan hampir separo dari perdagangan di dunia. Mereka menjanjikan dukungan mereka bagi dihidupkannya kembali pembicaraan perdagangan global oleh Organisasi Perdagangan Sedunia [WTO]. Pembicaraan itu di Mexico tahun lalu gagal. Dihidupkannya kembali perundingan itu dapat meringankan kemiskinan bagi lebih dari 100 juta orang di seluruh dunia.

APEC didirikan 15 tahun lalu untuk menangani masalah ekonomi, tetetapi terorisme - yang semakin merupakan topik penting pada pertemuan tahunan kelompok itu -- tahun ini menjadi fokus utama. Para pemimpin APEC mengatakan, terorisme dapat mengakibatkan kerusakan gawat terhadap ekonomi dunia.

XS
SM
MD
LG