Tautan-tautan Akses

Kongres AS Bersidang Untuk Bahas RAPBN Bush Sebesar 388 Milyar Dolar - 2004-11-20


Kedua Badan Kongres AS hari ini akan bersidang untuk mengadakan pemungutan suara mengenai anggaran belanja pengeluaran Presiden Bush sebesar 388 milyar dolar.

Senat dan DPR, yang keduanya dikuasai Partai Republik, diduga akan menyetujui rancangan undang-undang anggaran belanja itu yang terdiri dari 9 rancangan undang-undang pengeluaran yang terpisah. Kongres tidak berhasil menyetujui rancangan undang-undang tersebut pada akhir tahun fiskal ini, 30 Sepetember baru lalu, dan kalau hari ini gagal lagi, tidak akan ada anggaran pemerintah untuk sejumlah jawatan.

Rancangan undang-undang itu diduga akan mencakup peningkatan anggaran untuk keamanan dalam negeri, bantuan luar negeri dan pendidikan. Tetapi rancangan undang-undang tadi juga meliputi pengurangan anggaran untuk semua jawatan tingkat kabinet.

Jumat kemarin, Kongres memutuskan untuk meningkatkan batas pinjaman pemerintah federal sekitar 800 milyad dolar. Hutang pemerintah AS sekarang mencapai tingkat yang tertinggi selama ini sebesar 8 trilyun dolar.

XS
SM
MD
LG