Tautan-tautan Akses

Tentara Perancis Bentrok Dengan Tentara Pantai Gading di Abidjan - 2004-11-07


Tentara Perancis bentrok dengan tentara pemerintahan Pantai Gading dan massa yang marah di ibukota negara di Afrika Barat itu, Abidjan, setelah serangan bom oleh militer pemerintah Pantai Gading menewaskan sembilan tentara penjaga keamanan warga Perancis dan seorang pekerja bantuan warga Amerika.

Helikopter tempur Perancis menembakkan tembakan peringatan untuk membubarkan para pengunjuk-rasa anti-Perancis yang berbaris menuju lapangan udara nasional hari Sabtu malam kemarin. Wartawan VOA di Abidjan mengatakan tentara Pantai Gading mencoba menembak jatuh helikopter-helikopter itu.

Sebelumnya, tentara Perancis menghancurkan dua pesawat tempur Pantai Gading dan tiga helikopter tempur tentara, menyusul serangan maut yang menewaskan 10 orang di pangkalan militer Perancis di bagian utara negara itu. Perancis menyatakan serangan mereka itu adalah serangan pembalasan yang sah.

Pekan lalu, pasukan tentara yang setia kepada Presiden Pantai Gading Laurent Gbagbo melanggar perjanjian perdamaian 18 bulan dengan kaum pemberontak yang menguasai separuh negara itu di bagian utara.

XS
SM
MD
LG