Tautan-tautan Akses

Bush dan Kerry Bersaing Sangat Ketat dalam Pemilihan Presiden Amerika - 2004-11-03


Presiden Bush dan penantangnya dari Partai Demokrat John Kerry bersaing sangat ketat dalam pemilihan presiden Amerika. Para pelaksana kampanye Kerry menolak mengakui kekalahan Kerry di negarabagian Ohio yang diperebutkan.

Perlombaan menuju Gedung Putih sangat gencar dan ketat. Bush diperkirakan memenangkan 254 suara pemilih elektoral dan Kerry sejauh ini memenangkan 252 suara. Kemenangan Bush di Ohio akan memberinya lebih dari 270 suara yang diperlukannya untuk memenangkan pemilu.

Calon wakil presiden dari Partai Demokrat John Edwards mengatakan dia dan John Kerry berencana akan berjuang keras untuk memperoleh setiap suara. Dia mengatakan warga partai Demokrat telah menunggu empat tahun untuk memperoleh kursi kepresidenan dan mereka akan bisa menunggu satu malam lagi.

Dengan 98 persen kartu suara di Ohio sudah dihitung, para pejabat kampanye Kerry mengatakan jumlah kartu suara provisional yang masih harus dihitung lebih besar dari jumlah suara yang sudah diperoleh Presiden Bush. Kartu suara provisional adalah kartu suara yang belum dihitung sebelum para pejabat resmi pemilihan memeriksa apakah kartu suara itu sah.

Pol para pemilih menunjukkan Bush adalah pemenang pada 28 negarabagian, terutama di Selatan dan Barat Amerika. Kerry diperkirakan sebagai pemenang pada 19 negarabagian di daerah Timur Laut, Barat Tengah dan Pantai Barat Amerika, dan juga di Washingto DC. Para analis mengatakan Bush membuat rekor baru dengan jumlah keseluruhan suara masyarakat umum, memenangkan lebih dari 56 juta suara.

XS
SM
MD
LG