Tautan-tautan Akses

Para Menteri Pertahanan NATO Akan Bertemu Pekan Ini - 2004-10-13


Para menteri pertahanan NATO akan bertemu pekan ini di Rumania untuk membahas cara aliansi ini bisa mempercepat mobilisasi dan penggelaran tentara di seluruh dunia.

Pertemuan para menteri pertahanan di Poiana Brasov , kota wisata di pegunungan Rumania itu akan mempertimbangkan cara untuk mendorong aliansi NATO beranggotakan 26 negara ini memperoleh kemampuan yang memungkinkannya beroperasi di luar wilayah tradisional Eropa-Atlantik.

Pertemuan dua hari itu, yang akan dibuka hari Rabu ini, dilangsungkan selagi Amerika mendesak NATO mengirim tentara lebih banyak ke Afghanistan dan meningkatkan misi pelatihannya di Irak.

Menteri Pertahanan Amerika Donald Rumsfeld hari ini melangsungkan pembicaraan mengenai Irak dengan para pejabat Rumania di Bucharest.

NATO pekan lalu sepakat akan mengirim 300 instruktur untuk melatih pasukan keamanan Irak, tetapi pihaknya juga akan perlu mengirim ribuan pengawal dan personil untuk mendukung para pelatih itu. Pejabat-pejabat Amerika telah menyatakan keprihatinan bahwa misi ini kemungkinan tidak seluruhnya di tempat pada saat Irak dijadawalkan melangsungkan pemilu bulan Januari.

XS
SM
MD
LG