Tautan-tautan Akses

Museum Inventor Nasional - 2004-04-06


Pernah mendengar yang disebut Super Glue atau memperbaiki sesuatu dengan Super Glue misalnya gelas yang pecah? Atau tentang Dolby sound system? Ini hanya dua dari ciptaan yang penciptanya akan diberi penghormatan oleh National Inventors Hall of Fame atau Museum Inventor Nasional.

National Inventors Hall of Fame terletak di kota Akron, yang dikenal sebagai kota karet di negara bagian Ohio. Balai ini menghormati orang-orang yang telah memberi sumbangan pada sains, ilmu kedokteran, dan kebaikan bagi kehidupan sehari-hari. Seorang di antaranya Harry Coover, ahli kimia dan peneliti zaman perang dunia ke-2. Waktu itu ia melakukan penelitian terhadap sekelompok zat kimia disebut cyanoacrylates. Ia temukan kelompok zat kimia itu dapat digunakan untuk melekatkan satu benda dengan benda lainnya. Dari situlah ia menciptakan perekat yang sering dipakai untuk mencegah pendarahan dalam bedah darurat.

Cyanoacrylates juga dipakai dalam membuat perekat yang di Amerika dikenal dengan nama Superglue dan dijual bebas. Superglue sesuai namanya luar biasa kuat. Siapa pun yang pernah menggunakannya akan mengingatkan orang yang belum pernah agar kalau memakai superglue hati-hati jangan sampai tercecer ke jari sebab bisa merekat dengan jari lainnya. Hingga sekarang Harry Coover menguasai 460 hak paten.

Seorang Amerika lain Ray Dolby menciptakan sistem mengurangi suara desis yang biasa terdapat pada rekaman suara lama. Ia mengembangkan ciptaannya pada tahun 1960-an sewaktu merekam musik tradisional di India. Dari namanya itulah lahir istilah teknologi Dolby yang sekarang lazim dipakai di bioskop dan pada cassette player. Dolby Sound System membikin suara rekaman jauh lebih bersih, murni dan alami.

Yang turut bersama Ray Dolby dalam upacara penabalan nama mereka di Inventors Hall of Fame adalah ilmuwan Prancis, Luc Montagnier. Ia dihormati atas jasanya menemukan HIV singkatan dari human immunodeficiency virus pada tahun 1983. HIV seperti diketahui adalah penyebab penyakit AIDS. Penemuan virus itu menjurus ke pengembangan cara tes untuk mengetahui kehadiran HIV dalam darah. Luc Montagnier telah menerima lebih dari 20 hadiah utama atas jasanya menemukan HIV dan masih terus giat memerangi AIDS.

Ini hanya tiga dari 20 pencipta dan penemu yang akan dinobatkan sebagai anggota Inventors Hall of Fame tanggal 1 Mei nanti. Selain untuk pencipta dan penemu, di Amerika banyak hall of fame misalnya Country Music Hall of Fame dan Rock 'N Roll Hall of Fame. Dan hampir semua cabang olahraga punya hall of fame.

Diterjemahkan oleh Ali Lubis

XS
SM
MD
LG