Tautan-tautan Akses

Proposal Presiden Bush Mengenai Pendatang Gelap - 2004-01-20


Presiden Bush mengusulkan pendatang gelap di Amerika diberi izin kerja sementara. Dewasa ini ditaksir sedikitnya ada delapan juta pendatang gelap dari Meksiko dan negara lain. Kebijakan Amerika di bidang imigrasi selalu menimbulkan ketegangan dengan Meksiko yang berbatasan dengan Amerika di bagian selatan dan sebagian besar pendatang gelap itu berasal dari sana. Tahun 2001 Presiden Bush dan presiden Meksiko Vicente Fox sudah hampir mencapai kesepakatan dalam soal imigrasi. Sayang serangan teroris tanggal 9 September tahun itu membuat apa-apa yang telah dicapai terpaksa dikesampingkan sebab Amerika khawatir mengenai kelemahan dalam penjagaan di perbatasan dapat membuat teroris leluasa masuk ke Amerika.

Izin kerja sementara itu akan diatur dan diawasi oleh Departemen Keamanan Dalam Negeri. Yang mendapat status ini harus sudah mempunyai pekerjaan, atau kalau berada di luar Amerika harus mendapat tawaran kerja dari perusahaan di Amerika.

Yang sudah mendapat status tidak akan ditindak dan dihukum karena masuk gelap atau selama ini bekerja tanpa izin. Juga bebas bepergian antara Amerika dan negeri asal mereka dan mendapat perlindungan hukum sama dengan pekerja Amerika sendiri.

Izin kerja sementara berlaku tiga tahun dan bisa diperpanjang. Cuma, kata Presiden Bush, program ini ada akhirnya. Artinya sesudah izin kerja sementara berakhir si pekerja diharapkan pulang ke negeri asal, kecuali sudah disetujui untuk menjadi warganegara Amerika lewat proses biasa. Presiden Bush mengatakan, reformasi ini penting bagi ekonomi dan keamanan nasional Amerika. Dan membantu memperkuat pengawasan di perbatasan.

Kelompok-kelompok bisnis mengatakan, program ini akan menciptakan angkatan kerja yang kuat dan sekaligus mengurangi kekurangan tenaga kerja. Tetapi serikat-serikat buruh menyatakan program akan merampas pekerjaan dari pekerja Amerika sendiri. Menurut Presiden Bush, dalam program ini majikan Amerika diharuskan menerima pekerja Amerika dulu barulah pekerja sementara.

Aktivis pendukung imigran tidak puas sebab program ini tidak membuat pekerja sementara otomatis jadi warganegara Amerika, melainkan harus melamar lewat prosedur biasa. Program ini merupakan usul legislatif pertama Presiden Bush dalam tahun pemilihan sekarang, jadi luas dipandang sebagai usahanya mencari dukungan dari masyarakat Hispanik. Hispanik atau orang asal Amerika Latin sekarang mencapai 13% dari penduduk Amerika.

Program masih harus mendapat persetujuan Kongres. Sebagian anggota fraksi Partai Republik, partai Presiden Bush, diduga akan mengeritiknya. Golongan konservatif mengatakan usul ini cuma akan memutihkan status pendatang gelap dan pemakaian tenaga kerja gelap. Namun Presiden Bush menegaskan, usulnya ini tidak berarti memaafkan pendatang gelap sebab itu tidak adil bagi orang yang masuk ke Amerika lewat proses dan peraturan yang berlaku.

XS
SM
MD
LG