Tautan-tautan Akses

Lembaga Smithsonian - 2003-11-04


Saudari Siti Sundari, Smithsonian Institution atau Lembaga Smithsonian adalah satu lembaga yang mengelola 14 museum dan melakukan sejumlah kegiatan lain dengan kedudukan di ibukota Amerika Serikat Washington DC.

Lembaga ini semula didirikan oleh seorang ilmuwan Inggris bernama James Smithson yang menyerahkan kekayaannya senilai lebih dari 500 ribu dollar lebih kepada Amerika Serikat bagi kemajuan ilmu pengetahuan. Kongres Amerika menerima pemberian itu tahun 1846 dan untuk mengelolanya membentuk satu dewan penyantun.

Baiklah karena deretan museum yang dikelola Lembaga Smithsonian ini berada tidak jauh dari kantor VOA, Suara Amerika, saya ajak anda melihat beberapa diantaranya.

Ada sejumlah museum indah. Satu diantaranya adalah Smithsonian Castle Museum, yang mirip kastil abad pertengahan, yang memajang berbagai barang dan perkakas antik. Disampingnya berdiri gedung berbentuk bundar yang disebut Museum Hirshorn dimana dipajang berbagai patung dan lukisan indah dari masa akhir tahun 1800-an sampai zaman sekarang. Disana ada lukisan Picasso, Van Gogh dsb.

Di belakang Museum Hirshorn ini ada halaman indah yang disebut Sculpture Garden, dimana bertebaran berbagai patung pemahat termashur dari berbagai zaman. Patungnya macam-macam, ada orang yang hendak digantung, sedang menjalani hukum pasung, dan ada pula patung-patung abstrak yang tidak jelas ujudnya, serta banyak patung laki-laki dan wanita tanpa busana.

Ya, yang paling menarik dan paling ramai dikunjungi adalah museum penerbangan dan antariksa yang letaknya di sebelah Museum Hirshorn. Disini dipajang berbagai jenis pesawat, mulai yang kuno sampai mutakhir. Juga dapat dilihat kapsul-kapsul wahana antariksa yang dikirim ke Planet Venus dan Planet Mars. Saudara kembar sekoci bulan pesawat Apollo yang mendaratkan manusia di bulan, stasiun antariksa Amerika, dan sejumlah peluru kendali antar benua. Pokoknya banyak sekali, lengkap dengan keterangan tertulis dan rekaman video. Museum antariksa ini hanya berjarak satu blok dari kantor Suara Suara Amerika, di seberang Jalan Independence Avenue.

Dan tak jauh dari museum antariksa, Lembaga Smithsonian juga memiliki Museum Nasional Sejarah Alam yang memajang berbagai hewan dan tumbuh-tumbuhan yang sudah diawetkan, fosil, mineral yang mencakup berbagai jenis permata dalam bentuk asli, seperti intan, zamrud dan nilam, serta berbagai jenis batu-batuan dari bumi dan dari luar angkasa. Misalnya meteorit dan batu-batuan yang dibawa astronout dari bulan.

Ada lagi Museum Nasional Sejarah Amerika dan sejumlah museum lain yang memiliki gedung-gedung besar dan luas yang letaknya berjejer. Semua museum ini selalu ramai. Orang Amerika memang sangat suka berkunjung ke museum. Selain itu para guru membawa murid-muridnya ke museum-museum ini untuk memperjelas apa yang diterangkan di kelas. Supaya mereka dapat melihat sendiri dan mematrikannya di kepala. Tapi Lembaga Smithsonian tidak hanya mengurus museum, Lembaga ini memiliki pula berbagai fasilitas yang mencakup kebun binatang dan pusat-pusat riset keilmuan, dan aktif pula dalam program pertukaran kebudayaan. Taman Margasatwa Nasional Washington memiliki lebih dari 2 ribu satwa menyusui, burung dan reptil. Sejumlah satwa langka dari Indonesia juga ada disini. Antara lain komodo.

Kemudian adalagi yang disebut Smithsonian Astrophysical Observatory yang mengoperasikan sebuah pusat riset di Cambridge, Massachusets. The Smithsonian Tropical Research Institute meneliti biologi tropis di Panama, sedang lembaga yang disebut International Center mensponsori pertunjukan dan pameran internasional dalam rangka program tukar-menukar kebudayaan.

Albert Hutabarat

XS
SM
MD
LG